Kamis, 15 Juli 2010 12:50 WIB Ekonomi Share :

Masih banyak uang, pemerintah belum mau ngutang lagi

Jakarta – Uang kas tunai pemerintah saat ini jumlahnya mencapai Rp 150 triliun lebih. Karena itu, pemerintah mengaku belum membutuhkan utang lagi, sehingga belum perlu menerbitkan surat utang berupa samurai bond atau sukuk global.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (15/7).

“Kalau dana kita berlebih, kita belum perlu menerbitkan sukuk global atau global bond,” ujar Agus.

Agus mengatakan, dirinya berharap kinerja penerimaan negara dari Pajak dan Bea Cukai meningkat sehingga pemerintah tidak perlu lagi mengutang. Kalaupun mengutang, Agus mengatakan dirinya ingin utang dengan bunga yang rendah.

“Jadi policy kita tentang pengelolaan utang adalah kita ingin budget kita dikurangi penerimaan dalam negeri. Kalaupun berutang, kita ingin dengan syarat dan kondisi ringan serta lebih murah. Kita utamakan utang ke dalam negeri dan secara berkala utang luar negeri kita turunkan,” tegasnya.

Memang sampai akhir Juni 2010, kondisi keuangan pemerintah masih cukup sehat dengan surplus anggaran sebesar Rp 45- 50 triliun.

dtc/tya

lowongan pekrjaan
Akuntansi, Administrasi,Marketing,Tehnisi ,Gudang/Driver, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….