Sport
Kamis, 15 Juli 2010 - 14:51 WIB

Iniesta sempat mengira offside

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Barcelona–Gol semata wayang Andres Iniesta ke jala Belanda, Senin (12/7) dini hari WIB, melambungkan Spanyol ke puncak dunia. Siapa sangka, pemain Barcelona itu sempat ragu melepaskan tendangan karena mengira dalam posisi offside.

Di partai final Piala Dunia 2010 tersebut, gawang Belanda jebol empat menit sebelum babak perpanjangan waktu berakhir. Berawal dari umpan jitu Cesc Fabregas, bola disambar Iniesta untuk memastikan keunggulan Tim Matador.

Advertisement

Sempat terjadi perdebatan apakah Iniesta dalam posisi offside atau tidak. Namun lewat tayangan ulang televisi, sang pemain tampak on side karena masih berdiri sejajar dengan gelandang De Oranje, Rafael van der Vaart.

“Saya hanya menunggu umpan dari Cesc Fabregas dan ia memberikannya dengan sempurna. Ia sangat cepat dan untuk beberapa saat saya sendirian dan benar-benar berpikir saya dalam posisi offside. Tetapi saya menguasai bola dengan bagus dan ketika saya menendang bola, saya tahu bakal masuk,” ungkap Iniesta, Rabu (14/7).

Tembakan Iniesta menjadi titik kulminatif laga final bertensi tinggi tersebut. Wasit Howard Webb asal Inggris sampai harus merogoh 13 kartu kuning dan satu kartu merah. Namun penggawa La Furia Roja, julukan Spanyol, bisa tersenyum lebar karena berhasil merengkuh gelar Piala Dunia pertama sepanjang sejarah sepak bola mereka. Iniesta pun nyaris kehilangan kata-kata untuk mengungkapkan perasaan.

Advertisement

“Sangat sulit dijelaskan. Saya hanya bisa berkata merasa sangat gembira. Sangat senang bisa memainkan sepak bola, melakukan tugas dan mencetak gol penting. Bisa membuat ribuan orang merasa gembira adalah sesuatu yang tak ternilai harganya,” beber pemain yang dinobatkan sebagai man of the match partai final di Stadion Soccer City itu.

JIBI/SOLOPOS/yms/Rtr

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif