Soloraya
Kamis, 15 Juli 2010 - 15:04 WIB

Dua raja bakal gelar Festival

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Kota Solo bakal kembali dimeriahkan dengan perhelatan festival budaya pada pertengahan September tahun ini. Menariknya, di balik festival berkelas nasional dan internasional tersebut terdapat dua raja yang akan nyengkuyung, yakni PB XIII Hangabehi dan PB XIII Tedjowulan.

“Ini akan menjadi salah satu keunikan dan nilai khas Kota Solo,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudfpar) Kota Solo, Purnomo Subagyo kepada Espos di gedung Dewan, Kamis (15/7).

Advertisement

Festival yang pertama, kata Purnomo, salah satunya akan dipelopori oleh Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) dengan nama Festival Keraton Dunia. Festival yang bakal dimeriahkan oleh 20 negara tersebut digelar selama tiga hari pada bulan September setelah Lebaran, yakni Minggu-Selasa (26-28/9). “Nah, kebetulan, Ketua Umum FSKN ini ialah PB XIII Tedjowulan,” paparnya.

Festival yang selanjutnya, lanjut Purnomo, ialah festival yang digelar oleh Keraton Kasunanan Surakarta dengan Raja PB XIII Hangabehi. Festival tersebut, tegasnya, juga akan digelar di bulan September setelah hari raya Idul Fitri tahun ini. Untuk festival ini, kata Purnomo, akan mengusung budaya-budaya nasional dari kerajaan-kerajaan se-Nusantara. “Untuk lebih detailnya, Keraton langsung yang menanganinya,” kata Purnomo.

Sementara itu, Pengageng Pariwisata dan Museum Keraton Kasunanan Surakarta, KP Satrio Hadinagoro membenarkan kabar tersebut. Festival yang akan digelar nantinya, kata Satrio, juga dipastikan digelar setelah Lebaran tahun ini. “Sebenarnya akan digelar 1 September untuk memperingati bergabungnya Keraton dengan NKRI. Namun, karena itu bulan puasa, jadi kami undur setelah Lebaran,” paparnya.

Advertisement

asa

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif