Kamis, 15 Juli 2010 16:33 WIB Boyolali Share :

Desa Potronayan rintis BUMDes

Boyolali (Espos)–Pemerintah Desa (Pemdes) Potronayan, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali bersama jajaran warga setempat merintis keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bergerak di bidang industri mebeler.

Hal itu dikemukakan Kepala Desa (Kades) Potronayan, Sugeng ketika ditemui Espos di kediamannya, Kamis (15/7). “Perintisan BUMDes tersebut dimulai pada bulan Februari 2010, dan saat ini baru berjalan sekitar empat bulan,” ujar Sugeng.

Sugeng mengungkapkan pembentukan BUMDes di desa tersebut berawal dari keikutsertaan sejumlah warga dalam kegiatan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Boyolali pada tahun 2009 lalu. Sementara pelaksaannya pada tahun 2010 ini, memperoleh dukungan dalam kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPMD) melalui program Peningkatan Kualitas Hidup (PKH).

“Pembentukan BUMDes tersebut juga dikuatkan dengan Peraturan Desa (Perdes). Sedangkan perintisannya dimulai dengan memberdayakan asset dan modal yang sudah dimiliki sebelumnya antara lain peralatan dan tenaga. Bidang produksi mebeler dipilih karena potensi tersebut dimiliki oleh Desa Potronayan,” terang Sugeng.

Lebih lanjut Sugeng mengatakan dalam pengelolaan, pihak Pemdes telah membentuk pengurus BUMDes dan operasionalnya diawasi pihak Pemdes. Dalam perintisan BUMDes tersebut, Sugeng mengatakan Pemdes dan pengurus BUMDes bekerja sama dengan PT Indo Antiq di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo yang juga bergerak di bidang mebeler.

Selama empat bulan dioperasikan, Sugeng mengatakan BUMDes telah menghasilkan keuntungan bersih rata-rata Rp 1 juta per bulannya.

BUMDes di Desa Potronayan tersebut, lanjut Sugeng, menurut rencana akan menjadi salah satu BUMDes yang ditunjuk Pemkab Boyolali untuk menjadi pilot project bagi pembentukan BUMDes di desa-desa lain di wilayah tersebut.

sry

lowongan peekrjaan
PT. Integra Karya Sentosa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…