Kamis, 15 Juli 2010 13:04 WIB News Share :

Balita tak sengaja telan uang logam

Surabaya–Bocah berusia tiga tahun bernama Edo, asal Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan, Kediri, Jawa Timur, tak sengaja menelan uang logam pecahan Rp 500,00, sehingga dilarikan ke rumah sakit.

Sampai saat ini, bocah malang tersebut masih diinfus dan tergolek lemah di ruang perawatan Instalasi Rawat Darurat (IRD) RSU dr Soetomo, Surabaya.

Jamin, ayah kandung Edo, Kamis (15/7) menuturkan bahwa anaknya tak sengaja menelan uang logam ketika makan “snack” (makanan ringan) yang di dalamnya terdapat hadiah uang. Peristiwa itu terjadi pada Rabu (14/7) malam.

“Saya lupa jenis ‘snack’-nya apa. Kejadiannya terjadi ketika anak saya menonton televisi sambil makan ‘snack’. Saya tidak tahu kalau ‘snack’ itu berhadiah uang. Mungkin anak saya tidak sengaja menelannya,” ujar Jamin ketika ditemui wartawan di IRD RSU dr. Soetomo.

Yang mengkhawatirkan, lanjut dia, uang logam tersebut tidak langsung tertelan, tetapi masih tersangkut di tenggorokan. Inilah yang membuat panik keluarganya. Karena itu, ia langsung membawa anaknya ke rumah sakit.

Pria berusia 40 tahun itu juga menceritakan, dirinya terkejut usai mendengar anaknya menjerit kesakitan. “Mungkin uang logam itu masuk ke mulut bersamaan dengan ‘snack’. Anak saya tidak tahu kalau yang dimakan ternyata ada uangnya,” tutur Jamin.

Melihat keadaan anaknya, Jamin segera membawa Edo ke rumah sakit setempat. Namun, karena tidak sanggup, pihak rumah sakit meminta keluarga Edo untuk dibawa ke RSU dr Soetomo.

“Makanya Edo langsung saya bawa ke Surabaya untuk dirawat di sini. Kami harap dokter bisa mengeluarkan uang logam yang tertelan di tenggorokan anak saya,” papar Jamin berharap.

Edo pun dirujuk di IRD RSU Dr Soetomo untuk mendapatkan perawatan. Ia kemudian ditangani dokter ahli Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT). Setelah dipindai dan difoto, hasilnya memang tampak sebuah lingkaran kecil di teggorokan Edo.

Dokter kemudian memberi infus pada Edo. Diperkirakan, Edo akan menjalani proses operasi untuk mengeluarkan uang logam yang tersangkut di tenggorokan. “Saya belum tahu pasti, apakah operasi atau tidak. Saya harap tidak terjadi apa-apa kepada Edo,” ucap Jamin.

ant/rif

lowongan pekerjaan
Kepala Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…