News
Kamis, 15 Juli 2010 - 13:04 WIB

Balita tak sengaja telan uang logam

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Surabaya–Bocah berusia tiga tahun bernama Edo, asal Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan, Kediri, Jawa Timur, tak sengaja menelan uang logam pecahan Rp 500,00, sehingga dilarikan ke rumah sakit.

Sampai saat ini, bocah malang tersebut masih diinfus dan tergolek lemah di ruang perawatan Instalasi Rawat Darurat (IRD) RSU dr Soetomo, Surabaya.

Advertisement

Jamin, ayah kandung Edo, Kamis (15/7) menuturkan bahwa anaknya tak sengaja menelan uang logam ketika makan “snack” (makanan ringan) yang di dalamnya terdapat hadiah uang. Peristiwa itu terjadi pada Rabu (14/7) malam.

“Saya lupa jenis ‘snack’-nya apa. Kejadiannya terjadi ketika anak saya menonton televisi sambil makan ‘snack’. Saya tidak tahu kalau ‘snack’ itu berhadiah uang. Mungkin anak saya tidak sengaja menelannya,” ujar Jamin ketika ditemui wartawan di IRD RSU dr. Soetomo.

Yang mengkhawatirkan, lanjut dia, uang logam tersebut tidak langsung tertelan, tetapi masih tersangkut di tenggorokan. Inilah yang membuat panik keluarganya. Karena itu, ia langsung membawa anaknya ke rumah sakit.

Advertisement

Pria berusia 40 tahun itu juga menceritakan, dirinya terkejut usai mendengar anaknya menjerit kesakitan. “Mungkin uang logam itu masuk ke mulut bersamaan dengan ‘snack’. Anak saya tidak tahu kalau yang dimakan ternyata ada uangnya,” tutur Jamin.

Melihat keadaan anaknya, Jamin segera membawa Edo ke rumah sakit setempat. Namun, karena tidak sanggup, pihak rumah sakit meminta keluarga Edo untuk dibawa ke RSU dr Soetomo.

“Makanya Edo langsung saya bawa ke Surabaya untuk dirawat di sini. Kami harap dokter bisa mengeluarkan uang logam yang tertelan di tenggorokan anak saya,” papar Jamin berharap.

Advertisement

Edo pun dirujuk di IRD RSU Dr Soetomo untuk mendapatkan perawatan. Ia kemudian ditangani dokter ahli Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT). Setelah dipindai dan difoto, hasilnya memang tampak sebuah lingkaran kecil di teggorokan Edo.

Dokter kemudian memberi infus pada Edo. Diperkirakan, Edo akan menjalani proses operasi untuk mengeluarkan uang logam yang tersangkut di tenggorokan. “Saya belum tahu pasti, apakah operasi atau tidak. Saya harap tidak terjadi apa-apa kepada Edo,” ucap Jamin.

ant/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif