Kamis, 15 Juli 2010 17:17 WIB Sukoharjo Share :

Bachtiar Chamzah
PMI kekurangan 2,8 juta kantong darah

Sukoharjo (Espos)–Wakil Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Bachtiar Chamzah meminta masyarakat dan perusahaan ikut turun tangan membantu penggalangan donor darah.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum PMI Pusat Bachtir Chamzah saat memberikan sambutan dalam acara program penyerahan bantuan satu unit mobil ambulance dari PT Sritex kepada PMI, Kamis (15/7) di gedung serba guna perusahaan setempat.

Menurut Bachtiar, hingga akhir Juni PMI Pusat baru berhasil mengumpulkan 1,2 juta kantong darah. Padahal, kebutuhan darah di Indonesia mencapai 4 juta kantong darah. Dengan kondisi itu, lanjutnya, berarti PMI masih kekurangan 2,8 juta kantong darah.

“Saat ini target pengumpulan kantong darah belum terpenuhi, dari target 4 juta kantong darah, saat ini yang terpenuhi baru 1,2 juta kantong,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan darah di Indonesia, sejauh ini PMI telah mengintensifkan sosialisasi donor arah. Bahkan, sambungnya, untuk merangsang peran sert masyarakat dalam mendonorkan darahnya, hingga kini pemerintah pusat masih memberikan penghargaan kepada pendonor darah yang aktif mendonorkan darahnya hingga 100 kali.

“Sosialisasi sumbangan setetes darah untuk menolong nyawa orang lain yang membutuhkan masih berjalan. Acara donor darah di Sritex hari ini juga punya arti penting karena bisa mendorong perusahaan lain untuk melakukan hal serupa,” katanya.

Kunjungan kerja PMI semula akan dihadiri Ketua Umum PMI Pusat Yusuf Kalla, namun lantaran sakit mantan Presiden tersebut batal hadir. Dalam kegiatan tersebut, secara simbolis Presiden Direktur PT Sritex Iwan Setiawan menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulance kepada PMI Pusat yang dikemudian dialoksikan untuk PMI Solo.

Iwan Setiawan mengatakan, penyerahan bantuan dan donor darah massal karyawan dilakukan dalam rangka mendukung tugas kemanusiaan yang dijalankan PMI.

“Ini merupakan kegiatan corporate social responsibility atau CSR. Untuk donor darah massal diikuti 1.500 karyawan, harapan kami bantuan ini bisa bermanfaat,” katanya.

Kegiatan donor darah massal karyawan PT Sritex dilakukan di tujuh titik kawasan pabrik tersebut

ufi

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…