News
Kamis, 15 Juli 2010 - 10:41 WIB

15% APBS paling tidak harus untuk masyarakat miskin

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo ( Espos)--Paling tidak 15% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS) harus dialokasikan untuk masyarakat miskin.

Hal ini ditegaskan Kepala SMAN 4 Solo, Drs Eddy Pudiyanto saat menjadi nara sumber kedua dalam diskusi interaktif SOLOPOS FM, di Ruang Sasono Jolonidi Hotel Lor In, Kamis (15/7).

Advertisement

“Saya yakin angka 15% adalah angka yang logis untuk membantu masyarakat miskin agar bisa ikut mengeyam pendidikan paling tidak pendidikan dasar,” ujar Eddy.

Dalam kesempatan itu Eddy juga menjelaskan sejumlah elemen yang menjadi dasar penetapan Badan Nasional Standarisasi Pendidikan (BNSP). Sejumlah elemen ini antara lain biaya alat tulis kantor (ATK) seperti kertas, alat tulis untuk mengajar serta sarana dan prasarana pratikum atau bahan habis pakai (BHP) dan sebagainya.

Selain itu sekolah juga membutuhkan dana lain untuk operasional seperti pengadaan komputer, pelatihan guru, air, listrik dan lain-lain. Biaya-biaya inilah yang ikut menjadi elemen penentu BNSP.

Advertisement

Di lain sisi, pembicara ketiga, pakar pendidikan dari UNS Prof Dr Ravik Karsidi mengungkapkan tentang  pendidikan berbasis masyarakat dan juga tanggung jawab pemerintah dalam mewujudkan pendidikan bermutu.

Saat ini acara diskusi masih berlangsung dan tengah memasuki sesi tanya jawab. Sejumlah hadirin menyampaikan sejumlah pertanyaan yang umumnya mengkritisi efisiensi biaya pendidikan.

tya

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Pendidikan Solo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif