Rabu, 14 Juli 2010 16:58 WIB Karanganyar Share :

Polemik Sekda, Kastono manut kemauan Bupati dan Gubernur

Karanganyar (Espos)–Setelah cukup lama menjadi polemik, Sekretaris Daerah (Sekda) Kastono DS akhirnya buka suara menyangkut perpanjangan jabatannya sampai tahun 2012. Sekda menyatakan hanya manut kemauan Bupati dan Gubernur selaku pimpinan.

Ditemui seusai mengikuti sebuah kegiatan di Pendhapa Rumah Dinas (Rumdin) Bupati, Rabu (14/7), Kastono juga menampik tudingan ada upaya sistematis menghambat proses kaderisasi PNS guna pergantian dirinya. Namun menurut pengakuannya, penjaringan dan seleksi Sekda baru memang terganjal kurangnya jumlah pejabat eselon dua yang memenuhi syarat.

“Saya hanya manut pimpinan. Lagipula itu (perpanjangan masa jabatan-red) kan ada prosedurnya. Sebelum Bupati memberikan SK (surat keputusan), harus terlebih dulu mendapat persetujuan Gubernur. Demikian halnya untuk semua pejabat eselon II,” ungkapnya dalam kesempatan itu, kemarin, didampingi Kepala Dishubkominfo, Nunung Susanto.

Kastono menyampaikan, terkait polemik perpanjangan jabatannya sebagai Sekda Kabupaten Karanganyar, dirinya juga telah bertemu pimpinan DPRD untuk membicarakan permasalahan itu. Hasilnya, tidak ada masalah berarti dengan kebijakan Bupati menunda usia pensiunnya.

Sebelumnya secara terpisah, Bupati Karanganyar Rina Iriani SR menanggapi enteng desakan DPRD Karanganyar untuk mencabut lagi SK perpanjangan masa jabatan Sekda Kastono DS. Hal itu mengingat SK itu yang telanjur diterbitkan dan berlaku sampai tahun 2012 mendatang.

Menanggapi pemandangan umum lima fraksi berbeda dalam Rapat Paripurna, belum lama ini, yang khusus menyoroti perpanjangan Sekda dan meminta kebijakan itu ditinjau ulang, Bupati hanya mejawab semua telah sesuai dengan prosedur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Rina juga membantah kebijakannya itu menimbulkan kecemburuan PNS.

“Tidak ada (PNS) yang cemburu. Semua sudah dengan sesuai prosedur dan mekanisme serta persyaratan yang diatur dalam PP 32 Tahun 1979,” tegasnya. Dikemukakan pula, kebijakan penundaan usia pensiun Kastono DS dari 56 ke 58 juga mengacu terhadap Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) No SE/04/M.PAN/03/2006.

try

lowongan pekerjaan
PD.BPR BANK BOYOLALI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…