Rabu, 14 Juli 2010 13:42 WIB News Share :

KPK tetapkan Walikota Tomohon tersangka korupsi

Jakarta–KPK menaikkan status penyelidikan dugaan korupsi penggunaan APBD Kotamadya Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2006-2008. Walikota Tomohon, Jefferson SM Rumajar ditetapkan sebagai tersangka.

“Setelah intensif melakukan penyelidikan, KPK menaikkan ke penyidikan terkait dugaan korupsi penggunaan APBD Tomohon tahun 2006-2008,” kata juru bicara KPK, Johan Budi di Gedung KPK Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu (14/7).

Terkait kasus ini, KPK menetapkan Walikota Tomohon Jefferson SM Rumajar sebagai tersangka. Jefferson dijerat Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 undang-undang tindak pidana korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-satu KUHP dengan ancaman maksimal penjara seumur hidup.

Menurut Johan, modus yang dilakukan tersangka adalah menggunakan uang APBD untuk membiayai bantuan sosial, namun sebenarnya pengajuan tersebut fiktif. Tersangka juga menggunakan sebagian uang APBD untuk kepentingan pribadi.

Akibat perbuatan tersangka, diduga negara mengalami kerugian hingga Rp 19,8 miliar. Kasus ini sudah diusut KPK sejak 2009. Tersangka juga sudah pernah menjalani pemeriksaan di KPK.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
KLINIK BERSALIN UTAMA RB. DR. JOHAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Jokowi Raja Batak

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (13/01/2018). Esai ini karya Advent Tarigan Tambun, inisiator Sinabung Karo Jazz 2017. Alamat e-mail penulis adalah atambun@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Saya bukan ahli budaya Batak. Dengan jujur saya harus mengatakan bahwa pengetahuan saya tentang budaya…