Rabu, 14 Juli 2010 19:21 WIB Pendidikan Share :

Guru harus kaya metode belajar

Solo (Espos)–Tenaga pendidik dituntut untuk mampu menguasai beragam metode penyampaian belajar sehingga penyelenggaraan kegiatan pendidikan dapat dikemas secara menarik dan sanggup menumbuhkan daya kreatif siswa.

Hal tersebut diungkapkan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prof Dr Furqon Hidayatullah. Dia mengatakan, tuntutan kebutuhan pendidikan di lingkungan masyarakat demikian beragam sehingga hal tersebut mempengaruhi perubahan gaya belajar siswa. Menurutnya, siswa dituntut untuk aktif melakukan kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakatnya, dalam hal ini seorang tenaga pendidik bersifat sebagai fasilitator. Artinya guru hanya berperan untuk mengarahkan kegiatan positif yang dilakukan oleh siswa.

“Pembelajaran secara aktif sudah mulai dikembangkan di sejumlah sekolah sehingga peran siswa dalam kegiatan belajar jauh lebih dominan,” jelas dia ketika dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (7/7).

Dia mengatakan, kegiatan belajar tidak melulu digelar di dalam kelas, namun siswa dapat mengikuti pembelajaran sesuai dengan minat mereka di lingkungan sekitar misalnya pasar, bank, museum dan beberapa tempat lainnya yang membuat siswa terinspirasi.

das

lowongan pekerjaan
PD.BPR BANK BOYOLALI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…