Soloraya
Selasa, 13 Juli 2010 - 23:40 WIB

Dinsosnakertrans bentuk LK3

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Solo membentuk Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3).

Lembaga ini berfungsi untuk memberikan pelayanan konsultasi mengenai permasalahan yang dihadapi oleh keluarga. Kepala Bidang (Kabid) Sosial, Dinsosnakertrans Solo, Agus Hastanto, saat ditemui Espos di kantornya mengatakan, LK3 juga berfungsi sebagai penyebarluasan informasi mengenai pemecahan masalah keuangan maupun kesehatan keluarga. “Tujuannya yaitu memberdayakan keluarga yang mampu memecahkan masalah sehingga tercapai keluarga yang sejahtera,” katanya, Selasa (13/7).

Advertisement

Ia memperkirakan, lembaga ini akan bekerja pada Oktober tahun ini. Agus mengawali kerja lembaga ini dengan memprioritaskan keluarga yang memiliki permasalahan ekonomi. “Kami telah menjaring 153 Anjal (anak jalanan-red). Sudah didata mengenai identitas diri dan keluarga. Lembaga ini akan memberikan pemecahan masalah yang dihadapi keluarga Anjal tersebut yang memaksa mereka harus mengemis di jalan,” paparnya.

Ia menuturkan, alasan ratusan anak turun ke jalan bermacam-macam, mulai dari keterbatasan ekonomi keluarga, ketidakharmonisan keluarga hingga mencari kesibukan. “Lembaga ini akan memberikan jalan keluar. Misalnya memberitahu tempat meminjam uang dengan bunga yang lunak agar dapat buka usaha sendiri, atau mengusulkan masuk ke lembaga ketrampilan untuk meningkatkan kemampuan,” tambah Agus.

Lembaga ini memiliki koordinator di setiap kecamatan dengan beragam profesi, seperti, guru, dokter, psikolog hingga sarjana sosial. Untuk memperkenalkan lembaga ini, LK3 akan menemui warga secara langsung dan menginventarisasi permasalahan keluarga. “Langkah berikutnya yaitu memberikan solusi dari masalah itu, tapi kami tidak memaksa, juga tidak dipungut biaya,” jelasnya.

Advertisement

m86

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Dinsosnakertrans LK3
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif