Soloraya
Selasa, 13 Juli 2010 - 20:58 WIB

Agustus, serangan wereng diprediksi turun

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)–Serangan wereng di Soloraya diprediksi turun pada Agustus mendatang atau ketika masa panen kedua tahun ini. Kepala Laboratorium Hama Penyakit Tanaman Wilayah Surakarta, Ir V Driyatmoko MP menjelaskan, berdasarkan evaluasi laboratorium PHP Wilayah Surakarta sampai pekan pertama Juli, tren luas serangan wereng mulai menurun.

“Berdasarkan evaluasi laboratorium, luas serangan wereng menurun dari 9.301 hektare (Ha) menjadi 7.465 Ha. Serangan itu kami perkirakan terus turun hingga Agustus nanti apabila didukung dengan kondisi alam,” jelasnya kepada wartawan usai penyemprotan massal di Wirun, Mojolaban, Selasa (13/7).

Advertisement

Lebih lanjut mengenai penurunan serangan intensitas serangan wereng, Driyatmoko menambahkan, terjadi di semua wilayah di eks-Surakarta. Driyatmoko menambahkan, kesadaran mengubah pola tanam dari padi-padi menjadi padi-palawija seperti jagung, kedelai atau tanaman lain bisa juga mempercepat siklus hidup wereng cokelat. Oleh sebab itu dalam MT ketiga, petani diimbau menanam palawija.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanin (Dispertan), Giyarti menjelaskan, saat ini sudah 1.000 hektare (Ha) lahan yang ditanami jagung. Sementara untuk lahan yang ditanami kedelai mencapai 300 Ha.
Giyarti menambahkan, untuk penanaman jagung saat ini terfokus di lima kecamatan. Kelima kecamatan tersebut adalah Baki, Gatak, Kartasura, Bendosari dan Nguter.

aps

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Wereng
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif