Senin, 12 Juli 2010 12:09 WIB News Share :

Wow! Rp 1,4 T untuk jaga keluarga Ratu Elizabeth

London —Berapakah ongkos untuk menjaga keluarga Kerajaan Inggris? Rupanya, rakyat Inggris harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Sebanyak 100 juta Poundsterling atau Rp 1,4 triliun uang pajak setiap tahun, dipakai untuk memastikan Ratu Elizabeth dan keluarga tetap aman.

Uang ini untuk mendanai 1.000 polisi untuk menjaga 21 anggota keluarga kerajaan Inggris, termasuk Ratu, selama 7×24 jam. Hal ini menimbulkan kritikan karena di sisi lain, anggaran untuk polisi Inggris dipotong 25 persen.

Seperti dilansir Mirror, Senin (12/7/2010), para anggota kerajaan sejauh ini bukanlah target aksi teror, namun mendapat perlindungan penuh. Perlindungan ini sampai mencakup anak-anak Pangeran Edward dan sepupu Ratu Inggris yaitu Putri Alexandra dan Putri Michael dari Kent.

Dana Rp 1,4 triliun ini adalah hasil investigasi Mirror. Sebelumnya, Istana Buckingham mengklaim anggaran perlindungan keluarga kerajaan hanya 38 juta Poundsterling atau Rp 547,1 miliar.

Rencana pemotongan anggaran polisi tentu mendapat kritikan dari pihak oposisi. “Kita akan sangat merugi dan jalanan tidak akan aman jika kebijakan ini diterapkan,” kata Mendagri kabinet bayangan Alan Johnson.

Royalty Protection Squad, semacam Paspampres di Indonesia, adalah bagian dari Kepolisian Metropolitan London. Prioritas utama mereka adalah menjaga Ratu Elizabeth dan Pangeran Phillip, serta Pangeran Charles dan kedua anaknya William dan Harry. Prioritas selanjutnya barulah anggota kerajaan yang lain.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…