Senin, 12 Juli 2010 14:47 WIB Tekno Share :

RUBI, robot guru yang siap mengajar

Jakarta–Sejumlah ilmuwan coba menciptakan RUBI, sebuah robot yang dibuat khusus untuk menjadi guru. Pada pengujiannya, proyek ini bisa mengajari anak-anak dengan baik. Namun sayang, tak ada hubungan emosi layaknya guru manusia.

RUBI adalah singkatan dari Robot Using Bayesian Inference. Proyek pembuatan robot ini bernama The Machine Perception Laboratory yang direalisasikan oleh tim dari Universitas California, San Diego, Amerika Serikat.

Bersama dengan robot QRIO Sony, RUBI juga diciptakan dalam rangka penelitian jangka panjang untuk mengeksplorasi penggunaan komputer interaktif dalam lingkungan pendidikan, bidang real time dan robotika sosial.

Robot dengan tinggi tiga kaki, bertekstur kulit lembut dan sedikit gemuk ini sangat menyenangkan untuk dipeluk anak-anak. Sayang, ia tidak bisa membalas pelukan mereka.

Namun, RUBI mampu menunjukkan ekspresi wajah untuk menarik perhatian anak. Tak hanya itu, di bagian dadanya terdapat layar kecil yang bisa digunakan anak-anak untuk bermain game bila jenuh.

Rupanya para peneliti sengaja menciptakan robot guru pengajar untuk mengevaluasi bagaimana anak bereaksi terhadap robot. Selain itu, mereka juga ingin tahu metode pengajaran yang baik itu seperti apa.

Selain menciptakan robot yang mampu meringankan pekerjaan rumah tangga (PRT), kini mulai banyak robot yang diciptakan untuk bisa memberikan ilmu. Dikutip dari New Soxy, Senin (12/7), rencana ke depannya, akan diciptakan robot yang lebih interaktif daripada robot yang ada sekarang. Kita tunggu saja!

dtc/ tiw

Lowongan Pekerjaan
QUALITY CONTROL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…