Senin, 12 Juli 2010 09:08 WIB Internasional Share :

Netanyahu
Tak mungkin kesepakatan damai diterapkan tahun 2012

Yerusalem–Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan tidak mungkin kesepakatan damai dengan Palestina dapat diterapkan tahun 2012 mendatang. Terwujudnya Palestina sebagai sebuah negara juga masih memerlukan pemikiran panjang.

“Bisakah kita memiliki kedamaian yang dinegosiasikan? Ya. Apakah itu bisa dilaksanakan pada tahun 2012? Saya pikir itu akan memakan waktu lebih lama lagi,” katanya dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi seperti dikutip AFP, Senin (12/7).

Ketika ditanya apakah ia percaya negara Palestina dapat terwujud tahun 2012, jawaban Netanyahu setali tiga uang. Namun, ia mengatakan, mungkin ada solusi yang bagus.

Selama dua bulan belakangan ini, Israel dan Palestina terlibat dalam “pembicaraan pendekatan”. Pembicara ini digalang oleh Amerika Serikat (AS) dengan mengutus George Mitchell yang harus bolak-balik ke kedua belah pihak.

Namun, Israel belakangan ingin melakukan pembicaraan langsung, yang diungkapkan kepada Presiden AS Barack Obama, pekan lalu. Usai pertemuan tersebut, Obama pun menelepon Presiden Palestina Mahmud Abbas untuk menjukkan komitmennya dalam membangun negara Palestina.

Padahal, Palestina telah menetapkan Agustus 2011 sebagai target terbentuknya sebuah negara.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU BEJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….