Sport
Senin, 12 Juli 2010 - 11:50 WIB

Kepala tegak

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

PORT ELIZABETH-Sejarah perebutan peringkat ketiga Piala Dunia tahun 1970 terulang lagi. Jerman kembali melanjutkan dominasi atas Uruguay dan pulang dari Afrika Selatan dengan memboyong medali perunggu atau menempati peringkat ketiga Piala Dunia 2010.

Der Panzer, julukan Jerman, memperlihatkan keperkasaan mereka yang legendaris ketika bangkit dari ketertinggalan dan menumbangkan Uruguay 3-2 dalam duel menegangkan perebutan peringkat ketiga Afrika Selatan 2010 di Stadion Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth, Minggu (11/7) dini hari WIB.

Advertisement

Kini Tim Panser bisa pulang dengan kepala tegak dengan status peringkat ketiga, prestasi yang sama mereka torehkan empat tahun lalu saat menjadi tuan rumah dan mengulang prestasi 40 tahun lalu ketika masih bernama Jerman Barat dan menumbangkan Uruguay di babak yang sama.

“Kami mungkin menerima lebih dari yang kami harapkan. Setelah pertandingan ini, tak ada alasan untuk kecewa. Kami memiliki setiap alasan untuk benar-benar puas dengan perolehan kami di turnamen ini. Tak ada ruang untuk kekecewaan,” sebut pelatih Jerman, Joachim Loew dilansir dari yahoosports.com seusai pertandingan.

Advertisement

“Kami mungkin menerima lebih dari yang kami harapkan. Setelah pertandingan ini, tak ada alasan untuk kecewa. Kami memiliki setiap alasan untuk benar-benar puas dengan perolehan kami di turnamen ini. Tak ada ruang untuk kekecewaan,” sebut pelatih Jerman, Joachim Loew dilansir dari yahoosports.com seusai pertandingan.

Unggul terlebih dahulu, Jerman malah tertinggal 1-2 di awal babak kedua. Namun Der Panzer dengan cepat bangkit dan membatalkan keunggulan Uruguay yang hanya bertahan lima menit lewat Marcell Jansen. Sami Khedira menjadi pahlawan Jerman via gol dari sundulan kepala yang memenangkan Tim Panser, delapan menit sebelum babak reguler berakhir.

Saat injury time Uruguay memiliki peluang besar menyamakan kedudukan. Namun tendangan bebas striker Diego Forlan yang merupakan kesempatan terakhir La Celeste menyamakan kedudukan, membentur mistar gawang. “Kami diharapkan mendapatkan lebih dan kami melakukan segalanya untuk itu. Ini seperti pertandingan final dan kami melakukan segalanya untuk ini (menang). Kami adalah skuat muda dan kami mencapai sesuatu yang jauh lebih tinggi,” sebut Khedira.

Advertisement

Gol Mueller

Jerman memimpin terlebih dahulu lewat gol Thomas Mueller yang memanfaatkan bola rebound hasil tembakan Bastian Schweinsteiger di menit ke-19. Hanya berselang sembilan menit kemudian, Uruguay menyamakan kedudukan melalui gol Edinson Cavani setelah Diego Perez merebut bola dari Schweinsteiger di garis tengah lapangan.

Setelah turun minum, Uruguay terus menekan pertahanan Jerman dan Diego Forlan membawa La Celeste unggul 2-1 di menit ke-51. Namun gol Forlan tak berarti lagi setelah Marcell dan Khedira masing-masing menyarangkan satu gol yang memastikan Jerman mengakhiri perjalanan di Afrika Selatan sebagai juara ketiga.

Advertisement

Tambahan satu gol yang masing-masing dikemas Forlan dan Mueller membawa keduanya mengakhiri turnamen ini dengan koleksi lima gol, bergabung dengan striker Spanyol, David Villa dan playmaker Belanda, Wesley Sneijder dalam daftar pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2010.

Meski gagal menang, La Celeste, julukan Uruguay pantas mendapatkan pujian atas penampilan mereka di turnamen ini. “Kami memperlihatkan tujuan dan keinginan kami, bermain di lapangan menghadapi lawan besar. Kami memperlihatkan kami bisa bermain seperti tim lainnya di dunia. Kami kalah, namun kami seharusnya menang,” ujar pelatih Uruguay, Oscar Tabarez.

Susunan pemain

Advertisement

Uruguay
1-Fernando Muslera; 4-Jorge Fucile, 2-Diego Lugano, 3-Diego Godin, 22-Martin Caceres; 16-Maximiliano Pereira, 15-Diego Perez (5-Walter Gargano 77′), 17-Egidio Arevalo, 7-Edinson Cavani (13-Sebastian Abreu 88′); 9-Luis Suarez, 10-Diego Forlan.

Jerman
22-Hans-Joerg Butt; 20-Jerome Boateng, 3-Arne Friedrich, 17-Per Mertesacker, 4-Dennis Aogo; 2-Marcell Jansen (18-Toni Kroos 81′), 6-Sami Khedira, 7-Bastian Schweinsteiger, 13-Thomas Mueller, 8-Mesut Ozil (5-Serdar Tasci 90’+1′); 19-Cacau (9-Stefan Kiessling 73′).
JIBI/SOLOPOS/anh/Rtr

Advertisement
Kata Kunci : Kepala Tegak
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif