Senin, 12 Juli 2010 18:36 WIB Wonogiri Share :

Gas meledak, Pemkab dan Pertamina harus ambil tindakan

Wonogiri (Espos)--Instansi terkait di Kabupaten Wonogiri dan Pertamina diminta segera mengambil tindakan guna menyelidiki penyebab terjadinya kebocoran tabung gas yang memicu ledakan di dapur rumah warga Perumahan Giri Asri, Desa Singodutan, Selogiri, Sutarno, Minggu (11/7) pagi.

Hal tersebut agar menjadi pembelajaran bagi masyarakat pengguna gas elpiji agar kejadian serupa tak terulang lagi di masa mendatang. Selain itu, sosialisasi kepada masyarakat mengenai cara-cara yang aman menggunakan tabung gas elpiji juga diminta diintensifkan.

Anggota Komisi IV DPRD Wonogiri, Samino meminta Pemkab segera mencari penyebab kebocoran tabung gas dan menyosialisasikannya kepada masyarakat. “Paling tidak, harus ada upaya dari pihak-pihak terkait untuk mencari penyebab kebocorannya itu apakah karena katup, selang yang tidak ber-SNI atau yang lainnya. Jadi tidak muncul sikap mengkambinghitamkan, menimpakan kesalahan pada salah satu pihak,” ujarnya.

Sementara anggota Komisi II DPRD, Ahmad Zarif, meminta diadakan sosialisasi yang lebih intensif mengenai penggunaan tabung gas yang aman. Sebab baru sebagian kecil masyarakat yang memahami risiko-risiko apa yang bisa timbul dari penggunaan tabung gas elpiji. “Masyarakat juga harus hati-hati, mengambil pelajaran dari peristiwa ini,” ujarnya.

shs

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…