Soloraya
Minggu, 11 Juli 2010 - 19:59 WIB

Ribuan warga Bersih Desa di Sumber Agung

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Penyelenggaraan kirab budaya dalam rangka Bersih Desa di wilayah Desa Sumber Agung, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Minggu (11/7), berlangsung meriah. Tradisi yang digelar setiap setahun sekali itu dihadiri ribuan warga Desa Sumber Agung dan desa-desa sekitarnya, Muspika setempat, termasuk sejumlah tamu undangan.

Rangkaian acara dimulai dengan kirab budaya yang diikuti sebanyak tujuh wilayah RT di desa setempat. Dalam kirab tersebut, masing-masing RT menampilkan gunungan yang berisi beraneka macam hasil bumi seperti padi, jagung, palawija, sayur-sayuran hingga buah-buahan. Acara Bersih Desa yang dipusatkan di kediaman Kepala Desa (Kades) Sumber Agung, Budiyanto Agus Marjono itu dimeriahkan pula dengan berbagai kesenian yang disuguhkan oleh masing-masing wilayah RT tersebut. Sedangkan kirab oleh masing-masing wilayah RT tersebut diiringi oleh ibu-ibu yang membawa bakul berisi makanan yang dikumpulkan di kediaman Kades untuk disantap bersama-sama.

Advertisement

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa hingga lanjut usia (Lansia) pun menyambut dengan suka cita mengikuti rangkaian acara tersebut. Bahkan mereka dengan suka rela berpartisipasi untuk wilayah RT-nya masing-masing.

Kades Budiyanto mengemukakan tradisi Bersih Desa diadakan di Desa Sumber Agung setiap setahun sekali, sejak tahun 1912.

sry

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif