Minggu, 11 Juli 2010 23:38 WIB Wonogiri Share :

Begug diminta tak ikut Tarling Ramadan


Wonogiri (Espos)–
Calon wakil bupati (Cawabup) yang masih menjabat Bupati Wonogiri, H Begug Poernomosidi diminta tidak mengikuti tradisi tarawih keliling (Tarling) Pemkab selama Ramadan, pertengahan Agustus-September, lantaran bersamaan waktunya dengan tahapan kampanye Pilkada 2010.

Permintaan tersebut disampaikan Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Kabupaten Wonogiri, Prihmardoyo dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Joko Purnomo. Dihubungi terpisah, Minggu (11/7), keduanya mengatakan, permintaan agar Begug tidak mengikuti Tarling itu untuk menghindari kemungkinan terjadi salah penafsiran oleh masyarakat, bahwa acara yang bertujuan ibadah dan dibiayai oleh APBD itu menjadi sarana kampanye terselubung.

“Saat rapat koordinasi membicarakan rencana penyelenggaraan Tarling dengan sejumlah instansi di Pemkab Wonogiri, Kamis (8/7) lalu, kami dimintai pendapat karena kebetulan tahapan kampanye berlangsung pada bulan Ramadan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti salah penafsiran, maka kami sarankan Bupati tidak usah ikut Tarling. Apalagi pada saat itu, tentunya Bupati sudah cuti,” jelas Prihmardoyo.

Dia menambahkan, kerelaan Begug untuk tidak mengikuti Tarling juga penting untuk menjaga netralitas birokrasi dalam Pilkada. Karena dalam Tarling tersebut, para pejabat dan pimpinan SKPD sudah pasti akan dilibatkan dan hampir pasti akan timbul kekhawatiran mereka akan dianggap berpihak pada calon tertentu.

Pernyataan senada disampaikan Ketua KPU Joko Purnomo, yang mengaku juga hadir dalam rapat koordinasi soal Tarling di Ruang Sukses Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri itu. Menurut Joko, pihaknya juga menyarankan agar Begug tidak usah ikut Tarling Ramadan.

shs

lowongan pekerjaan
SUNAN TOUR AND TRAVEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…