News
Jumat, 9 Juli 2010 - 16:59 WIB

MK didemo warga Kalteng se-Jabodetabek

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Puluhan orang yang tergabung dalam Forum Warga Kalteng se-Jabodetabek melakukan demontrasi di depan Gedung Mahkamah Konstitusi atas putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) kepala daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, Jumat (9/7).

Pada 7 Juli 2010, MK telah mengabulkan gugatan pasangan calon bupati Kotawaringin Barat Ujang Iskandar – Bambang Purwanto dan mendiskualifikasi pasangan Sugianto-Eko Soemarno.

Advertisement

Ketua Forum Warga Kalteng Se-Jabodetabek H Masliansyah, dalam pernyataan sikapnya, mengatakan MK dalam memutuskan perkara nomor 45/PHPU.D-VIII/2010 tidak saja mencedarai hak pilih warga Kotawaringin Barat, tetapi juga memberangus kedaulatan rakyat dan prinsip negara hukum.

Masliansyah juga menyebut MK telah menunjukkan sikap kesewenang-wenangan dalam memutuskan perkara sengketa Pilkada Kotawaringin Barat. Dengan putusan tersebut, katanya, warga Kalteng se-Jabodetabek  dengan tegas menolak putusan MK yang telah memenangkan pasangan Ujang Iskandar – Bambang Purwanto.

MK mengabulkan permohonan Ujang Iskandar – Bambang Purwanto karena Sugianto dan Eko Soemarno telah terbukti melakukan kecurangan yang sistematis, terstruktur, dan masif dalam pemilihan umum pada 5 Juni 2010.

Advertisement

MK melakukan diskualifikasi pasangan pemenang karena divonis melakukan pelanggaran sangat serius yang membahayakan demokrasi, serta mencederai prinsip hukum dan pemilihan umum yang langsung, umum, bebas, jujur, dan adil. Dalam proses persidangan, terbukti Sugianto-Eko melakukan politik uang.

Sebanyak 65 dari 68 saksi yang dihadirkan mengatakan ada pembagian uang, baik tersembunyi maupun terang-terangan. Awalnya, Sugianto-Eko membentuk tim relawan kampanye yang berjumlah 78.238 orang, atau 62,09 persen dari total pemilih di kabupaten itu. Para relawan tersbeut mendapat uang Rp150.000 -Rp 200.000.

Selain itu juga adanya intimidasi dan teror pun menghadang pendukung Ujang-Bambang. Salah satu simpatisan Ujang-Bambang dipukul oleh tim sukses Sugianto-Eko karena dukungannya itu. Dua kepala desa diancam bakal dipecat dari jabatannya jika Sugianto-Eko tak menang.

Advertisement

ant/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif