News
Jumat, 9 Juli 2010 - 13:01 WIB

Mata-mata Rusia ditukar dengan agen rahasia AS

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - jouvence.co.nz

New York–Anna Chapman, mata-mata cantik Rusia, dan sembilan rekannya, akhirnya ditukar dengan empat agen rahasia Barat yang ditahan Rusia. Ini akan menjadi drama pertukaran mata-mata terbesar sejak berakhirnya Perang Dingin.

Seperti dilansir AFP, Jumat (9/7), Anna dan teman-temannya telah dinyatakan bersalah oleh pengadilan federal New York atas kegiatan mata-mata untuk Moskow. Mereka akan dideportasi ke negara asal. Namun tentu saja itu tidak gratis. Rusia juga diminta mengembalikan empat mata-mata dari beberapa negara barat.

Advertisement

Dari 10 mata-mata Rusia itu, Anna Chapman adalah yang paling menghebohkan karena paling muda dan cantik. Selain itu, media Inggris juga mengungkap sepak terjang Anna di negeri Ratu Elizabeth itu, termasuk mempublikasikan foto-foto telanjang Anna.

Selain Anna, ada juga kolumnis yang cukup terkenal di New York, Vicky Pelaez, yang berdarah Peru. Dia mengaku pernah membawa surat yang ditulis dengan tinta canggih yang tidak dapat dilihat mata biasa. Sementara para agen lain adalah orang Rusia yang menyamar sebagai warga AS.

Sementara dari Moskow, empat agen juga dipulangkan. Ada Igor Sutyagin yang menjadi mata-mata untuk AS, ada juga Sergei Skripal, mantan kolonel Rusia yang menjadi mata-mata untuk Inggris. Dua mata-mata sisanya, tidak disebutkan dari negara mana.

dtc/ tiw

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Mata-mata Rusia
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif