Jumat, 9 Juli 2010 19:22 WIB Kesehatan Share :

Kapan telinga bayi boleh ditindik?

Menindik telinga bayi perempuan banyak dilakukan orangtua. Boleh-boleh saja melakukan tindik telinga bayi jika memang si kecil tidak punya masalah medis yang bisa menjadi faktor risiko. Lantas, kapan sebaiknya telinga bayi perempuan ditindik?

Melakukan tindik telinga dibutuhkan peralatan yang tepat dan orang yang sudah terlatih menindik telinga bayi. Karena jika peralatan tidak steril bisa menimbulkan risiko infeksi, sedangkan jika yang melakukan belum terlatih berisiko mengeluarkan darah yang terlau banyak.

Seperti dikutip dari Babycenter, Jumat (9/7) sebaiknya untuk menindik telinga si kecil dilakukan oleh dokter anak yang memang sudah berpengalaman. Selama bayi tidak memiliki risiko kesehatan apapun, maka tindik telinga boleh dilakukan saat bayi masih kecil.

Orangtua berpandangan menindik telinga bayi perempuan sedini mungkin agar si anak tidak terlalu merasakan sakit. Tindik telinga adalah prosedur yang sederhana tapi tetap memberikan ketidaknyamanan pada bayi.

Orangtua memiliki pilihan untuk melakukan tindik telinga saat masih bayi karena akan berbeda halnya jika dilakukan saat anak sudah besar. Namun sebaiknya orangtua menunggu hingga si kecil berusia minimal 3 bulan, karena pada usia tersebut bayi sudah mulai bisa menangani infeksi yang timbul di tubuhnya.

Tindik telinga biasanya dilakukan tanpa menggunakan obat penghilang rasa sakit, karena rasa sakit tindikan kurang sakit dibandingkan dengan suntik anestesi. Satu hal yang penting lainnya adalah usahakan orangtua untuk mencegah anaknya menyentuh telinga yang baru ditindik, karena bisa memicu terjadinya infeksi.

Jika bayi ditindik saat masih kecil, maka lebih memudahkan untuk menjaga anak agar tidak memegang-megang telinganya. Orangtua juga harus memperhatikan apakah timbul kemerahan yang meningkat atau nyeri disekitar lubang tindikan telinga. Karena hal ini menunjukkan adanya infeksi.

Orangtua juga harus memperhatikan anting yang digunakan si kecil, karena beberapa anak ada yang memiliki reaksi alergi terhadap logam tertentu. Untuk memastikannya cobalah gosokkan logam atau emas tersebut di daerah punggung, jika terjadi ruam ada kemungkinan anak mengalami reaksi alergi.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
NSC FINANCE KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…