Kamis, 8 Juli 2010 11:38 WIB Sepak Bola Share :

Vitalnya Gio

Belanda boleh memiliki Wesley Sneijder, Arjen Roben atau Robin van Persie sebagai tumpuan menghancurkan lawan, tapi jangan lupakan pula Giovanni van Bronckhorst. Sang kapten punya peran yang tak kalah vital.

Posisi pemain yang akrab disapa Gio ini memang tak sama seperti tiga yang disebut pertama. Ia seorang bek kiri dan tugasnya bertahan. Namun, tak jarang pula Gio ikut menyerang.

Meski usianya sudah tak muda lagi, 35 tahun, kehadiran pemain Feyenoord Rotterdam ini terbukti vital. Gio selalu tampil dalam enam pertandingan yang sudah dilakoni De Oranje di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Hebatnya, ia juga tak pernah diganti, selalu berlaga selama 90 menit. Total, pemain yang juga memiliki darah Indonesia ini bermain selama 540 menit. Untuk 90 menit teranyarnya ia habiskan dalam laga melawan Uruguay, Rabu (7/7) dini hari WIB.

Gio pun ikut menyumbang satu gol dalam pertandingan tersebut. Gol yang diciptakannya tergolong spektakuler. Ia melepaskan tendangan kaki kiri dari jarak jauh, sekitar 30 meter, dan bersarang di pojok atas jala Fernando Muslera.

Gol tersebut membawa Belanda unggul 1-0. Oleh Castrol Football, penampilannya selama turnamen diberi nilai 8,91. Ia memang tak masuk ke dalam 10 besar terbaik dalam situs statistik resmi Piala Dunia itu, namun melihat angkanya, performanya relatif bagus.

Gio juga piawai dalam melepaskan operan. Sejauh ini, ia sudah melepas 344 operan, dan 248 di antaranya berhasil. Kini, ia masih punya satu tugas lagi, berusaha membawa Belanda menjadi juara.

Lagipula, ia sudah bertekad pensiun dari sepak bola seusai turnamen. Kado perpisahan apa lagi yang paling manis, selain membawa negaranya memenangi Piala Dunia? Gio tinggal melakukan satu laga lagi untuk Belanda sebelum memutuskan pensiun.

Diakuinya, partai melawan Spanyol atau Jerman, akan menjadi laga terakhirnya bersama Belanda. “Semoga laga terakhir itu menjadi laga terindah dalam hidup saya,” katanya seperti dikutip Associated Press, Rabu.

Nama: Giovanni van Bronckhorst
Nama panggilan: Gio
Tanggal lahir: 4 Februari 1975
Tempat lahir: Rotterdam
Tinggi badan: 178 cm
Berat badan: 75 kg
Posisi: Gelandang
Nomor punggung: 8
Klub: Feyenoord Rotterdam

JIBI/SOLOPOS/dtc

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…