Kamis, 8 Juli 2010 11:58 WIB Sepak Bola Share :

Pujian terus mengalir

AMSTERDAM–Skuat De Oranje Belanda mendapat apresiasi tinggi seusai maju ke final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dengan menjinakkan Uruguay 3-2, Rabu (7/7) dini hari WIB. Media-media Belanda pun ramai-ramai menyanjung aksi Wesley Sneijder cs.

De Telegraaf, surat kabar terbesar negara tersebut, menulis judul mencolok di halaman depan “Finale!” dengan gambar singa mengaum, simbol nasional Belanda. Mereka juga memuat foto-foto bintang De Oranje, seperti Arjen Robben, Wesley Sneijder dan Giovani van Bronckhorst.

“Oranje seperti emas. Belanda harus menunggu selama 32 tahun untuk ini,” lanjut De Telegraaf, merujuk pada penampilan terakhir De Oranje di final Piala Dunia 1978 Argentina, saat menyerah di tangan tuan rumah.

Harian-harian lainnya juga memasang foto selebrasi fans De Oranje di Belanda maupun Afrika Selatan. Harian Trouw menyebut kemenangan Belanda atas Uruguay seharusnya bisa menghapus trauma kekalahan di final 1974 dan 1978. “Oranje melaju ke final impian,” tulis surat kabar itu.

Pujian juga dilontarkan harian NRC Next, dengan memasang foto besar selebrasi gol Arjen Robben. “Satu kali lagi kemenangan dan Oranje akan menjadi juara,” tulis mereka.

Tanggapan televisi juga tak kalah heboh. Laporan dibuka dengan gambar para suporter yang bergembira ria di seluruh penjuru negeri. Hampir sebagian besar dari mereka terbalut kostum serba oranye atau bendera Belanda berwarna merah, putih dan biru.

Dilaporkan lebih dari 80.000 orang, atau sepuluh persen dari populasi kota, melihat pertandingan semifinal dari layar besar di Amsterdam’s Museum Square. Kembang api berwarna oranye langsung menghiasi langit ketika wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Lagu-lagu kebesaran sepak bola Belanda seperti Viva Hollandia, dinyanyikan lewat pengeras suara di berbagai sudut kota. Sedangkan fans lainnya menari-nari di jalanan, mengibarkan bendera atau mengenakan rambut palsu berwarna oranye.

Klakson-klakson kendaraan bermotor dan bel sepeda juga terus berbunyi sepanjang malam. Operator telepon seluler T-Mobile melaporkan sedikinya 800.000 pesan pendek (SMS) langsung dikirimkan setelah Belanda mengalahkan Uruguay di Stadion Green Point, Cape Town. Agen berita Belanda ANP juga mencatat adanya 900.000 panggilan telepon.
JIBI/SOLOPOS/yms/Rtr

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…