News
Kamis, 8 Juli 2010 - 18:47 WIB

Penunjukan dekan dan direktur melalui fit and proper test

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo mengadakan tes kepatutan dan kelayakan untuk sejumlah dosen yang akan menjabat sebagai direktur pascasarjana dan calon dekan di enam fakultas.

Menurut Rektor Unisri, Prof (rets) Dr Ir Kapti Rahayu, sejumlah tes tersebut untuk menguji kesiapan sejumlah calon yang akan diajukan sebagai pimpinan di sejumlah fakultas. Beberapa pokok kriteria yang harus dipenuhi di antaranya kesiapan program kerja dan visi misi untuk rentang masa jabatan dekan selama empat tahun. Selain ketentuan tersebut, sambung dia, sejumlah calon tersebut harus mampu memberikan suasana baru terkait peningkatan kualitas pendidikan.

Advertisement

“Dekan maupun direktur pascasarjana nantinya akan mengkoordinasikan jajaran dosen sehingga harus ada program secara matang,” jelas dia ketika dijumpai Espos di ruang kerjanya, Kamis (8/7).

Dia mengatakan, kriteria yang harus dipenuhi oleh direktur pascasarjana salah satunya memiliki pendidikan S3 serta sejumlah kriteria lainnya termasuk penilaian pada saat tes wawancara. Menurutnya, dengan menunjuk pimpinan fakultas yang sesuai dengan pengajuan staf dosen lainnya maka dengan demikian mereka akan mampu pengembangkan masing-masing program jurusan.

“Dekan dan ketua program studi nantinya yang akan ujung tombak pada pengembangan pendidikan di lingkungan kampus, sehingga pemilihannya secara selektif,” jelas dia.

Advertisement

Dia menambahkan, pelantikan sejumlah dekan dan direktur akan dilakukan bersama-sama pada tanggal 17 Juli mendatang, diharapkan dengan penunjukan pejabat yang baru dapat meningkatkan kualitas serta mampu memotivasi staf dosen maupun mahasiswa dalam proses perkuliahan.

“Adanya suasana baru yang mampu memotivasi penting untuk menunjang kualitas pendidikan,” jelas dia.

das

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif