News
Kamis, 8 Juli 2010 - 09:33 WIB

Menkeu sanggupi tekan defisit APBN jadi 0%

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta— Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo menyanggupi imbauan Presiden SBY untuk menekan defisit, bahkan sampai 0%. Agus Marto menilai himbauan Presiden untuk menekan defisit merupakan arahan agar APBN menjadi seimbang.

“Jadi, itu lebih arahan dari Pak SBY agar seluruh jajaran dan pembantunya bisa berpikir untuk memunyai budget yang lebih sehat di masa datang,” ujar Agus Marto saat ditemui di kantornya, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Rabu (7/7).

Advertisement

Menanggapi imbauan tersebut, Agus Marto menyatakan pihaknya harus memaksimalkan penerimaan dari pajak non pajak atau sumber daya alam. Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga perlu meyakinkan agar pengeluaran yang dilakukan betul-betul efektif.

“Jadi kita harus berusaha  kedepan secara sistematis agar budget kita itu bisa balance atau surplus,” tegasnya.

Namun, Agus Marto tidak menjanjikan waktu untuk merealisasikan APBN yang seimbang atau surplus tersebut. Pasalnya, pihaknya harus meningkatkan pendapatan dari pajak dan non pajak terlebih dahulu.

Advertisement

“Kalau saya memang tidak bisa terlalu elaborasi tetapi kalau nanti upaya untuk tingkatkan pendapatan dari pajak dan non pajak itu berhasil, tentu akan bisa membawa apa yang diharapkan itu bisa lebih cepat diperoleh. Di RPJMN itu menunjukkan kita berkesinambungan untuk mencapai sesuatu kondisi yang lebih baik,” harapnya.

Pemerintah dan DPR sebelumnya telah menyepakati defisit APBNP 2010 sebesar Rp 133,7 triliun atau 2,1 persen PDB.

dtc/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif