News
Kamis, 8 Juli 2010 - 10:23 WIB

KRI Dewaruci ikuti "The Tall Ship Race"

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

London–KRI  Dewaruci dengan pimpinan Letkol Suharto dan diawaki 88 prajurit TNI AL meneruskan perjalanan muhibah menuju Belgia untuk mengikuti kegiatan “The Tall Ship Race 2010 in Aalborg, Denmark” pada 13 Juli hingga 7 Agustus mendatang.

“Setelah berlabuh selama tiga harim, KRI Dewaruci yang juga membawa 88 kadet Akademi Angkatan Laut itu meninggalkan pelabuhan Le Havre Perancis,” ujar Sekretaris III Pensosbud KBRI Paris, Gustaf Sirait, Kamis (8/7).

Advertisement

Setelah mengikuti “The Tall Ship Race 2010”, KRI Dewaruci akan kembali ke Perancis untuk berlabuh di Perlabuhan Cherbourg, pada tanggal 14-17 Agustus dan selanjutnya menuju Belanda guna mengikuti kegiatan “Sail Amsterdam” di Belanda.

Menurut Gustaf Sirait, selama berlabuh di Pelabuhan Le Havre, KRI Dewaruci mengadakan berbagai kegiatan, baik di kapal maupun di darat, antara lain “cocktail” di dek Dewaruci, kunjungan kehormatan ke Wali Kota Le Havre, pawai “marching band”, pertandingan bola dengan AL di Le Havre, serta kunjungan ke KBRI Paris.

Dalam acara “cocktail” yang dihadiri pejabat Angkatan Laut Perancis, Wakil Wali Kota Le Havre, dan masyarakat setempat, Acting Kuasa Usaha Ad Interim  KBRI Paris, Stephanus Yuwono, menyampaikan KRI Dewaruci mengarungi berbagai benua mengantarkan para taruna dan kadet TNI AL menjadi pelaut dan prajurit yang tangguh.

Advertisement

“Hal itu sangat berguna dalam menjaga wilayah perairan Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia,” ujarnya.

Muhibah KRI Dewaruci tidak hanya menjadi ajang pelatihan bagi taruna TNI AL, namun juga untuk mempromosikan kebudayaan dan kesenian Indonesia. Selain itu diharapkan mereka menjadi prajurit yang tangguh dan profesional serta mampu menjadi duta-duta kebudayaan di negara-negara yang disinggahi.

Menurut Stephanus Yuwono, melalui kebudayaan, kerja sama people-to-people contact antara masyarakat Indonesia dan Perancis khususnya, dan negara yang disinggahi semakin meningkat, pada gilirannya mampu menciptakan perdamaian dan keamanan dunia.

Advertisement

Pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Le Havre menyampaikan terima kasih kepada Letkol Suharto atas kunjungan Dewaruci.

“Selama 15 kali menghadiri kunjungan muhibah kapal asing, tampaknya kunjungan Dewaruci merupakan yang paling meriah,” katanya, memuji.

Selama berlabuh, KRI Dewaruci juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melihat-lihat kapal yang dimanfaatkan oleh masyarakat Le Havre. Kunjungan KRI Dewaruci sebelumnya dilakukan pada tahun 2003 dan 2005.

ant/rif

Advertisement
Kata Kunci : KRI Dewaruci
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif