Kamis, 8 Juli 2010 10:27 WIB News Share :

Indonesia jadi maskot Pekan Wisata Praha

Praha–Indonesia secara khusus diminta untuk membuka Pekan Wisata ‘Liburan di Berbagai Pulau’ yang diselenggarakan oleh Kebun Binatang Praha, Ceko. Penyanyi kondang era 70-an tampil dengan lagu Ayo Mama.

Selama liburan musim panas tahun ini Kebun Binatang Praha menyelenggarakan acara khusus dengan tema berlibur ke berbagai pulau, di mana para pengunjung disuguhi atraksi dari berbagai negara, yang diawali dengan Berkunjung ke Indonesia.

Acara berkunjung ke berbagai pulau Indonesia, dimanfaatkan KBRI Praha sebagai idiom promosi dengan menampilkan Tari Kayau (Kalimantan), Tari Topeng (Jawa Tengah), Tari Rantak (Sumatra Barat) dan Tari Surilang (Jakarta), yang dibawakan oleh para penari Sanggar Tari Sekar Melati.

“Penampilan tari dan nyanyi ini juga untuk menyambut ulang tahun ke-25 orangutan betina bernama Upita dan acara berkenalan dengan Kama, orangutan jantan yang lahir di Ceko pada tahun 1971,” tutur Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Praha, Azis Nurwahyudi, Kamis (8/7).

Selain itu, lanjut Azis, penyanyi senior Ceko asal Indonesia, Rony Marton, yang kondang di era 1970-an juga tampil di paviliun Rimba Indonesia menyanyikan lagu Ayo Mama dan Goro-Goro.

Dikatakan bahwa selama acara berlangsung para pengunjung serasa dibawa ke dalam suasana nyata di Indonesia yang panas dan lembab. Di paviliun seluas 1950 m2 dengan dengan volume 16.500 m3 tersebut para pengunjung dapat melihat koleksi 70 spesies tanaman dan 1.100 ekor binatang tropis.

Paviliun Rimba Indonesia ini merupakan bagian termahal dari Kebun Binatang Praha, dengan biaya pembuatan mencapai CZK 185 juta. Periode perancangannya memakan waktu setahun (1999-2000), seleksi rancangan peserta tender dimulai di 2001, dan pembangunannya memakan waktu dua tahun (2002-2004).

Selain orangutan, daya tarik lain di paviliun Rimba Indonesia adalah komodo hadiah dari pemerintah Indonesia pada 2002 dan sekarang telah berkembang biak. Pada April 2010 juga telah dilakukan pemberian nama tujuh anak komodo oleh KUAI KBRI Praha di tempat sama.

Selain orangutan dan komodo khas Indonesia, Kebun Binatang Praha juga mempunyai koleksi harimau, gajah, kura-kura dan kelelawar. Kebun binatang ini pada 2007 terpilih sebagai kebun binatang terbaik nomor 7 di seluruh dunia.

Kerjasama Kebun Binatang Praha dengan Indonesia telah berjalan lama, diantaranya dengan Taman Safari (Jawa Barat) dan penelitian mengenai kura- kura di Nusa Penida, Bali.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…