News
Kamis, 8 Juli 2010 - 09:06 WIB

Bom bunuh diri di Baghdad tewaskan 28 orang

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Baghdad–Seorang pria tak dikenal menyerang peziarah sihite dengan melakukan bom bunuh diri. Ledakan bom tersebut menyebabkan 28 tewas seketika.

Seperti dilansir situs AFP, Kamis (8/7), serangan di lakukan di Adhamiyah, sebuah distrik Sunni di seberang sungai Tigris dari Kadhimiyah. Seorang pejabat kementerian dalam negeri mengatakan 28 orang tewas dan 63 luka-luka.

Advertisement

Sebagian besar korban adalah peziarah yang hendak melakukan perjalanan ke makam salah satu Imam saat melewati Adhamiyah. Bahkan menurut informasi pejabat setempat, lima peziarah lagi tewas dan 36 luka-luka.

Puluhan ribu  pengikut Syiah berbondong-bondong ke ibukota Irak Rabu (7/7) pagi. Mereka dikawal ketat petugas keamanan setelah sebelumnya 6 orang tewas karena serangan bom.

Akibat aktivitas peziarah ini, lalu lintas sempat dilarang pada beberapa jembatan yang merentang di Sungai Tigris. Kemacetan di sejumlah titik jalur juga terjadi.

Advertisement

Mayor Jenderal Qassim Atta, seorang juru bicara pasukan keamanan Baghdad, mengatakan kepada AFP bahwa telah dilakukan tindakan keamanan khusus. Tindakan yang diambil termasuk penutupan jalan untuk melindungi peziarah.

“Kami terus mengatur transportasi bagi jamaah dan melakukan pengawasan udara untuk melindungi mereka,” katanya.

“Arus sepeda motor, sepeda dan gerobak dilarang di seluruh kota sampai pemberitahuan lebih lanjut,” tambah Atta

dtc/rif

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif