Kamis, 8 Juli 2010 09:06 WIB Internasional Share :

Bom bunuh diri di Baghdad tewaskan 28 orang

Baghdad–Seorang pria tak dikenal menyerang peziarah sihite dengan melakukan bom bunuh diri. Ledakan bom tersebut menyebabkan 28 tewas seketika.

Seperti dilansir situs AFP, Kamis (8/7), serangan di lakukan di Adhamiyah, sebuah distrik Sunni di seberang sungai Tigris dari Kadhimiyah. Seorang pejabat kementerian dalam negeri mengatakan 28 orang tewas dan 63 luka-luka.

Sebagian besar korban adalah peziarah yang hendak melakukan perjalanan ke makam salah satu Imam saat melewati Adhamiyah. Bahkan menurut informasi pejabat setempat, lima peziarah lagi tewas dan 36 luka-luka.

Puluhan ribu  pengikut Syiah berbondong-bondong ke ibukota Irak Rabu (7/7) pagi. Mereka dikawal ketat petugas keamanan setelah sebelumnya 6 orang tewas karena serangan bom.

Akibat aktivitas peziarah ini, lalu lintas sempat dilarang pada beberapa jembatan yang merentang di Sungai Tigris. Kemacetan di sejumlah titik jalur juga terjadi.

Mayor Jenderal Qassim Atta, seorang juru bicara pasukan keamanan Baghdad, mengatakan kepada AFP bahwa telah dilakukan tindakan keamanan khusus. Tindakan yang diambil termasuk penutupan jalan untuk melindungi peziarah.

“Kami terus mengatur transportasi bagi jamaah dan melakukan pengawasan udara untuk melindungi mereka,” katanya.

“Arus sepeda motor, sepeda dan gerobak dilarang di seluruh kota sampai pemberitahuan lebih lanjut,” tambah Atta

dtc/rif

lowongan pekerjaan
NSC FINANCE KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…