Kamis, 8 Juli 2010 12:30 WIB Pendidikan Share :

20 Pemuda Australia belajar budaya Wakatobi

Kendari–Sebanyak 20 putra dan putri asal Australia akan belajar budaya di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara melalui program pertukaran pemuda Indonesia-Australia.

Bupati Wakatobi Hugua, melalui telepon, Kamis (8/7) menjelaskan, dipilihnya Kabupaten Wakatobi sebagai penempatan pemuda Australia melalui program itu karena dirinya merupakan mantan pemuda Indonesia yang belajar budaya Australia dalam program serupa.

“Alasan yang disampaikan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga seperti itu. Wakatobi dipilih sebagai penempatan program pertukaran pemuda Indonesia-Australia karena saya sendiri pernah ikut program itu di Australia,” kata Hugua,

Menurut Bupati, sebelum para pemuda Australia tersebut ditempatkan di Wakatobi, akan lebih dahulu tinggal di Kendari, ibukota Provinsi Sultra, untuk belajar dan diperkenalkan dengan berbagai budaya khas Sultra selama 20 hari.

Setelah mengetahui budaya Sultra secara keseluruhan, para pemuda tersebut lalu ditempatkan di Wakatobi, untuk belajar khusus budaya dan tradisi masyarakat Wakatobi.

“Di Wakatobi, para pemuda Australia itu akan tinggal selama tiga bulan. Setiap pemuda akan di tempatkan di rumah warga. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah memahami tradisi Wakatobi, terutama dalam menjalani kehidupan senari-hari,” katanya.

Wakatobi memiliki beragam tradisi lisan yang unik dan menarik untuk dipelajari. Berbagai tradisi unik tersebut antara lain, adanya keyakinan masyarakat bahwa di alam bawah laut ada mahluk laut bernama embu yang hidup dalam karang.

Jika karang tempat embu tersebut dirusak, maka embu tersebut akan dendam kepada perusaknya, dan ketika si perusak karang berlayar kembali ke laut, akan ditelan embu bersama perahunya.

ant/rif

lowongan pekerjaan
PT SAKA JAYA ENGGAL CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

KUALIFIKASI PIALA ASIA U-19
Menuju Korea, Timnas Bakal Adaptasi Cuaca

Kualifikasi Piala Asia U-19 bakal diikuti Timnas Indonesia. Solopos.com, CIKARANG – Timnas Indonesia U-19 akan melakoni ajang kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Korea Selatan (Korsel). Mereka pun melakukan berbagai persiapan demi meraih hasil positif di fase tersebut. Babak kualifikasi…