Kamis, 8 Juli 2010 12:35 WIB Solo Share :

“Pungutan sekolah harus izin Walikota”

Solo (Espos)–Perda Pendidikan yang menjadi payung hukum pelaksanaan pendidikan di Solo diharapkan bisa resmi diberlakukan mulai pekan depan. Perda itu diharapkan bisa mengatur mengenai masalah sumbangan pengembangan sekolah (SPS) atau uang gedung yang saat ini menimbulkan gejolak saat penerimaan siswa baru (PSB).

Wakil Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD, Asih Sunjoto Putro mengatakan saat ini Banleg bersama Bagian Hukum dan Disdikpora sedang melakukan sinkronisasi Perda Pendidikan. “Perda Pendidikan kan ditetapkan beberapa waktu yang lalu dan kemudian dikirim ke gubernur untuk evaluasi. Sudah sepekan yang lalu evaluasi gubernur turun dan saat ini kami sedang sinkronisasi,” ungkap Asih kepada wartawan di Gedung Dewan, Kamis (8/7).

Politisi PKS itu mengatakan, dari evaluasi gubernur ada sekitar 60 item yang dievaluasi. Asih menuturkan, saat Perda Pendidikan resmi berlaku maka semua aturan mengenai pendidikan harus mengacu pada Perda itu. Mengenai masalah SPS yang saat ini mencuat, Asih mengatakan, dalam Pasal 86 ayat (3) sudah diatur mengenai masalah itu yang pengumpulan adan pendidikan wajib izin walikota.

“Jadi sekolah tidak bisa lagi menarik seenaknya sendiri. Kalau sesuai Perda ini, maka saat ada pungutan harus izin walikota. Mengenai besaran atau teknisnya tentu akan diatur dalam Perwali,” tegas Asih. Sementara itu, anggota Komisi IV Paulus Haryoto mengatakan, saat ini sudah ada Surat Edaran (SE) Walikota untuk mengatur SPS. Dia menambahkan, saat Perda Pendidikan resmi berlaku, maka Perwali yang mengatur mengenai SPS harus mengacu pada Perda itu.

dni

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…