Rabu, 7 Juli 2010 10:37 WIB Kesehatan Share :

Pria juga bisa kanker payudara

Manchester–Walaupun jarang terjadi, kanker payudara juga bisa menyerang para pria. Sama seperti pada wanita, salah satu faktor risiko pada pria adalah kelainan genetik yang bisa diturunkan.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Medical Genetics, gen yang telah bermutasi itu adalah BRCA2. Dikutip dari AOL Health, Rabu (7/7), gen tersebut ditemukan pada 1 di antara 12 pria.

Seorang pria yang mewarisi gen tersebut punya peluang 7,1 persen untuk terkena kanker payudara pada usia 70 tahun. Risikonya meningkat menjadi 9 persen ketika pria tersebut memasuki usia 80 tahun.

Risiko tersebut memang jauh lebih kecil dibandingkan pada wanita, yang mencapai 60 persen. Namun penelitian itu menyarankan para pria untuk tetap waspada, terutama jika mulai mengalami gejala kanker payudara.

Dikutip dari MayoClinic, gejala kanker payudara antara lain meliputi:

1. Kerutan di kulit payudara
2. Penebalan pada jaringan payudara
3. Perubahan pada puting susu, baik bentuk maupun warna kemerahan

Menurut data American Cancer Society, tak kurang dari 200.000 wanita dan 2.000 pria terserang kanker payudara tahun lalu. Sekitar 40.000 wanita dan 390 pria di antaranya meninggal karena penyakit tersebut.

Faktor genetik bukan satu-satunya faktor risiko kanker payudara pada pria. Menurut Evans, faktor lainnya meliputi hal-hal sebagai berikut:

1. Kelebihan berat badan
2. Esterogen berlebih
3. Payudara berukuran besar
4. Memiliki kelainan genetik langka seperti Klinefelter syndrome

“Memang jumlahnya sedikit, hanya satu di antara 1.000 pria yang terkena kanker payudara,” ungkap Gareth Evans, pakar genetika dari Manchester Academic Health Science Center yang melakukan penelitian tersebut.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…