Sport
Rabu, 7 Juli 2010 - 13:57 WIB

Penantian panjang

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Michael Laudrup cuma dua kali mencetak gol di Piala Dunia. Tapi karena dia harus menunggu 12 tahun lebih untuk menunggu dari gol pertama ke gol kedua, pesepakbola Denmark itu mencatat rekor yang tak biasa.

Ada banyak rekor dibuat dan dicatat sepanjang sejarah Piala Dunia. Dari daftar yang sangat panjang tersebut, Laudrup dan tiga orang lainnya sukses menorehkan sesuatu yang terbilang khas alias tidak umum.

Advertisement

Keunikannya terletak pada waktu yang dibutuhkan untuk mencetak gol pertama dan gol terakhir di putaran final Piala Dunia. Meski cuma tampil dua kali tampil di Piala Dunia, dan kebetulan juga bikin dua gol, Laudrup menjadi pemain dengan selang waktu terpanjang antara gol pertama dan terakhirnya.

Penampilan pertama Laudrup di ajang Piala Dunia pada 1986 di Meksiko, yang juga menjadi kali pertama Denmark lolos ke turnamen sepak bola terakbar itu.

Meski Tim Dinamit mampu duduk di puncak klasemen fase grup dan total membuat sembilan gol, mantan bintang Juventus itu ternyata cuma bisa bikin satu gol yang dilesakkannya ke gawang Uruguay.

Advertisement

Saat Denmark kalah 1-5 dari Spanyol di babak 16 Besar, pria yang sempat membesut Spartak Moscow dan Getafe itu kembali gagal mencetak gol. Pulang ke Denmark, Laudrup cuma bisa membawa satu gol.

Kendati berhasil menjadi juara Piala Eropa pada 1992, Denmark gagal melewati babak kualifikasi Piala Dunia 1990 dan 1994. Baru di Prancis 1998, negara di kawasan Skandinavia itu bisa kembali berpartisipasi.

Ada lima pertandingan dilakoni Denmark di Piala Dunia 1998, sebelum didepak Brazil di perempat final, dengan total gol yang dilesakkan berjumlah sembilan. Tapi, lagi-lagi Laudrup cuma membuat satu gol, yang dia lesakkan ke gawang Prancis melalui eksekusi penalti di fase grup.

Advertisement

Seperti dikutip dari Soccernet, rentang waktu yang harus dilewati Laudrup antara gol pertama dan gol keduanya itu 12 tahun dan 16 hari. Pele, Diego Maradona dan Uwe Seeler juga memiliki rekor unik seperti yang dimiliki Laudrup.

JIBI/SOLOPOS/dtc

Advertisement
Kata Kunci : Penantian Panjang
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif