Rabu, 7 Juli 2010 14:30 WIB Sepak Bola Share :

Honda idamkan klub papan atas Eropa

TOKYO — Pahlawan Jepang di Piala Dunia Afrika Selatan yang juga gelandang serang CSKA Moscow, Keisuke Honda menyatakang keinginannya untuk pindah ke salah satu klub raksasa Eropa. Dari sejumlah klub papan atas benua biru itu, Honda mengaku lebih tertarik dengan raksasa Spanyol Real Madrid yang kini menjadi incaran.

Seperti dilansir soccerway.com, Selasa (6/7), Honda berhasil menyarangkan dua gol untuk memimpin Samurai Biru, julukan Jepang, lolos keputaran kedua Piala Dunia yang digelar di luar Asia untuk kali pertama. Sebelumnya, namanya dikait-kaitkan dengan rakasa Italia, AC Milan.

Sejumlah klub lain seperti Valencia, Atletico Madrid Sevilla, Chelsea dan Manchester City juga dikabarkan tertarik untuk mendapatkan Honda yang baru berusia 24 tahun ketika Jepang membuat Kamerun frustasi setelah dikalahkan 1-0 di laga pembuka Piala Dunia.

Jepang hanya kalah dari Belanda 1-0 di fase grup setelah kemudian menenggelamkan Denmark dengan skor telak 3-1 di laga penentuan untuk bisa melaju ke babak 16 besar. Laju Samurai Biru terhenti setelah kalah dari Paraguay dalam laga yang harus berakhir dengan drama adu penalti setelah keduanya tak mampu mencetak gol di babak regular. Jepang kalah dengan skor 5-3.

“Saya kira anda tahu apa yang saya inginkan. Saya selalu ingin berkembang,” ungkap Honda kepada sejumlah siswa sebuah SMA di Ibukota Provinsi Kanazawa.

Honda telah menyatakan keinginannya untuk merumput di Inggris atau Spanyol. Ia juga mengatakan ia bakal bergabung dengan Real Madrid dan menjadi pemilik nomor punggung 10.
Lebih jauh Honda mengaku sebenarnya ia tak begitu ambil pusing dengan keinginan pindahnya.
Namun belakangan ia tertangkap kamera mengatakan kepada kepala pemerintahan lokal setempat, Masanori Tanimoto soal keinginan pindahnya. “Saya telah melakukan tugas saya dengan secercah harapan bisa bermain di klub yang lebih baik. Jika ada kesempatan, maka akan sangat mungkin (saya pindah).”

Setelah empat tahun memperkuat klub papan atas J-League, Nagoya Kampus, Honda terbang ke Belanda untuk merumput bersama VVV Venlo di awal tahun 2008. Ia berhasil mengantarkan klubnya itu promosi ke liga utama Belanda. Setelah itu, ia bergabung dengan klub Rusia CSKA Moscow  pada Januari tahun beriktunya dengan nilai transfer 9 juta euro.

Dia berhasil menyarangkan satu gol dan memberikan kontribusi penting tercipta gol lainnya bagi CSKA saan mengalahkan Sevilla di Liga Champions dengan skor akhir agregat 3-2. Hasil ini membawanya pada sejarah menjadi pemain Jepang pertama yang pernah tampil di babak perempat final turnamen sepakbola klub paling bergengsi tersebut.

Dengan kualifikasinya, harga Honda diyakni menanjak. Menurut harian olahraga Jepang, Sports Hochi, harga seorang Honda sekitar 20 juta euro. Harian itu juga menyebut CSKA dikabarkan telah mengajukan penawaran kepada AC Milan dengan nilai 10 juta euro untuk melepas Honda.


JIBI/SOLOPOS/kha

lowongan pekerjaan
4 orang Penerjemah fasih berbahasa mandarin & 2 orang Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…