Rabu, 7 Juli 2010 17:50 WIB Solo Share :

“ASEAN dukung mengembangan UKM budaya”

Solo (Espos)–Negara-negara ASEAN yang tergabung dalam ASEAN-Commiittee on Culture and Information (COCI) memastikan dukungan untuk pengembangan usaha kecil menengah (UKM) di bidang budaya.

Hal itu didasari pertimbangan UKM budaya paling prospektif dikembangkan di kawasan ASEAN. Pengembangan industri kreatif bidang budaya ini menjadi salah satu hal yang akan dievaluasi dalam sidang ke-11 ASEAN-COCI Sub Committee, di Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH), Rabu (7/7).

Sidang yang diikuti 41 orang delegasi dan sekretariat ASEAN itu akan digelar mulai Rabu hingga Jumat (9/7). Dirjen Sejarah dan Purbakala Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata, yang juga Ketua ASEAN-COCI Indonesia, Hari Untoro Dradjat, dalam jumpa pers selepas acara pembukaan, mengatakan sejumlah persoalan telah dituangkan dalam blue print yang disepakati semua pihak.

Kali ini, giliran dilakukan evaluasi terhadap implementasi poin-poin dalam blue print tersebut. Salah satu yang menjadi sorotan adalah soal pengembangan UKM alias industri kreatif berbasis budaya. Sementara itu, Linda Lee, dari Sekretariat ASEAN menegaskan pengembangan UKM budaya selama ini berbeda di tiap wilayah. Melalui ASEAN-COCI, pihaknya berharap masing-masing negara dapat berbagi pengalaman dalam pengembangan industri kreatif itu, sehingga ke depan setiap negara mampu mengembangkan potensi UKM masing-masing.

Program pengembangan UKM berbasis budaya rupanya cocok dengan konsep pengembangan UKM di Solo. Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) mengaku berharap besar Solo dapat diterima sebagai bagian negara ASEAN dalam hal pengembangan budaya. Apalagi, Solo telah menyatakan diri sebagai kota budaya yang juga diakui dunia sebagai salah satu world heritage city.

tsa

lowongan pekerjaan
PT.MITRA PINASTHIKA MUSTIKA FINANCE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…