News
Selasa, 6 Juli 2010 - 11:18 WIB

Pesawat Iran dilarang isi bahan bakar di Jerman & Inggris

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Teheran–Pemerintah Iran berang bukan kepalang. Pesawat-pesawat dari maskapai Iran dilarang mengisi bahan bakar di Jerman, Inggris dan Uni Emirat Arab. Rupanya perusahaan minyak British Petroleum (BP) memutuskan tidak memberikan bahan bakarnya.

“Sejak minggu kemarin, pesawat-pesawat kami tidak diberi bahan bakar di berbagai bandara Inggris, Jerman dan UEA karena sanksi dari AS,” kata Sekretaris Iranian Airlines Union kepada kantor berita ISNA yang dilansir Reuters, Selasa (6/7).

Advertisement

Akibatnya dua maskapai Iran yaitu Iran Air dan Mahan Airlines terganggu aktivitasnya. Nah, rupanya BP memutuskan tidak memberikan bahan bakar. Perusahaan yang sedang mengalami tekanan dari AS akibat menumpahkan minyak di Teluk Meksiko ini mengatakan, mereka mendukung sanksi yang diberikan AS terhadap Iran.

“Kami menyesuaikan dengan sanksi internasional yang diterapkan di negara di mana kami beroperasi,” kata petinggi BP yang dikutip The Financial Times.

Iran memang terus mendapatkan kecaman negara-negara Barat yang dikomandoi AS, karena program nuklir yang dipertahankan para politisi Teheran. Presiden AS Barack Obama pada Kamis lalu mengajak sekutu-sekutunya untuk menahan impor minyak Iran dan memperketat isolasi terhadap Iran.

Advertisement

Pejabat di Washington memuji langkah yang diambil oleh BP. “Sektor komersial internasional membuat keputusan yang benar. Ini waktunya bagi Iran membuat pilihan tepat untuk mematuhi tuntutan internasional,” kata pejabat itu.

dtc/ tiw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Iran
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif