News
Selasa, 6 Juli 2010 - 11:52 WIB

DPRD Gunungkidul adakan ruwatan bumi

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Gunungkidul--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan upacara tradisional ‘Ruwat Bumi’ yang ditandai dengan pergelaran wayang kulit semalam suntuk di gedung dewan setempat Wonosari Gunungkidul, Senin (5/7) malam.

Ketua panitia upacara tradisional ‘Ruwat Bumi’ DPRD Gunungkidul, Sutarpan,di Wonosari,Selasa mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa agar jajaran legislatif dan segenap warga Gunungkidul memperoleh keselamatan.

Advertisement

“Kegiatan  ‘Ruwat Bumi’ yang pertama kali diselenggarakan  DPRD Gunungkidul ini dengan pergelaran wayang kulit Senin (5/7) dari pukul 21.00 WIB sampai Selasa (6/7) pukul 01.00 WIB bertempat di Ruang Depan DPRD Gunungkidul.

Acara dimulai dengan penyerahan sesaji berupa pecut, sapu lidi dan `sanggan` ( tundun pisang) oleh Ketua DPRD Gunungkidul, Ratno Pintoyo kepada Ki Timbul HAdi Prayitno selaku dalang Ruwat Bumi,”katanya.

Tujuan ruwatan ini adalah untuk tolak bala dan permohonan keselamatan bagi seluruh pimpinan dan anggota DPRD Gunungkidul periode 2009 – 2014 serta segenap warga Gunungkidul,katanya.

Advertisement

Ketua  DPRD Gunungkidul, Ratno Pintoyo, menjelaskan bahwa acara ruwat bumi yang menghabiskan dana sekitar tiga puluh juta rupiah ini  berasal dari dana pribadi pimpinan dewan dan anggota dewan secara sukarela.

‘Ruwat Bumi’ ini sudah menjadi keinginan bersama  ditujukan untuk keselamatan seluruh anggota DPRD Periode 2009 – 2014 serta segenap warga Gunungkidul. Dan untuk dana acara ini dari saya dan beberapa teman yang membantu secara sukarela,”kata Ratno Pintoyo.

Kegiatan tradisional tersebut dihadiri Wakil Bupati Gunungkidul, Hj Badingah, bersama seluruh anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul dan masyarakat daerah ini yang tampak memadati gedung dewan kabupaten Gunungkidul.

Advertisement

ant/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif