News
Senin, 5 Juli 2010 - 19:08 WIB

Syafii Ma'arif: Kans Muchdi Pr jadi Ketua PP Muhammadiyah masih jauh

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Yogyakarta–Kans mantan Deputi Badan Intelijen Negara (BIN) Muchdi PR, menjadi calon Ketua PP Muhammadiyah untuk periode 2010-2015 masih sangat jauh. Hal itu bisa jadi karena masalah hukum yang pernah menjerat Muchdi Pr.

“Saya rasa kansnya untuk masuk ke-13 (formatur) masih jauh. Paling tidak untuk periode saat ini belummasuk lah,” kata Mantan Ketua Muhammadiyah Syafii Ma’arif di Gedung Media Center, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Jl Ring Road Barat, Taman Tirto, Bantul, Yogyakarta, Senin (5/7/2010).

Advertisement

Dia mengatakan jika sampai Muchdi masuk ke dalam 13 formatur bisa saja masyarakat nantinya mengkait-kaitkan dengan masa lalu Muchdi. “Saya rasa nanti akan dikaitkan dengan macam-macam, bisa saja,” ujar dia.

Namun begitu, menurut Syafii tidak menutup kemungkinan jika pada Muktamar ke
depan Muchdi bisa lolos sebagai salah satu ketua. Karena sebenarnya masyarakat Indonesia ini mempunya kecenderungan penyakit amnesia alias lupa.

“Masyarakat Indonesia ini kan masyarakat yang gampang terkena amnesia, atau
penyakit mudah lupa. Jadi bukan tidak mungkin kalau orang sudah lupa Muchdi akan masuk, yang jelas saat ini resistensinya masih sangat jauh,” jelas dia.

Advertisement

Meski begitu, menurut pria berkacamata ini, sebagai warga Muhammadiyah, Muchdi memang berhak mengajukan diri. Namun jika anggapan yang berkembang, masuknya Muchdi ke PP Muhammadiyah untuk membersihkan kesalahan dia, mungkin prediski itu masih terlalu jauh.

“Dia ini Ketua Tapak Suci yang sebenarnya banyak membantu juga (di Muhammadiyah). Tapi saya rasa jika ada pemikiran membersihkan kesalahan, saya rasa janganlah berpikir se-ekstrem itu. Kita tidak bisa melihat orang dari kacamata hitam saja, karena tidak ada orang yang tidak berdosa di dunia ini,” tutup Buya, sapaan akrab Syafii Ma’arif.

dtc/isw

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif