Senin, 5 Juli 2010 23:15 WIB Solo Share :

Pungutan sekolah, Walikota akan terbitkan Perwali

Solo (Espos)–Tidak jelasnya batasan penetapan pungutan sekolah atau sumbangan pengembangan institusi membuat Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara. Walikota berjanji pekan ini akan memberikan “aturan main” yang harus dijadikan panduan saat sekolah penetapkan pungutan.

Saat ditemui wartawan, di Balaikota, Senin (5/7), Walikota mengatakan pada prinsipnya penentuan sumbangan sekolah harus sesuai dengan kondisi sekolah dan siswa bersangkutan. Siswa miskin, tandas dia, tidak boleh dikenai sumbangan apapun. Sedangkan siswa dari keluarga mampu bisa dibebani sumbangan, dengan catatan tidak memberatkan. “Nanti akan saya beri aturan main. Prinsipnya yang tidak mampu tidak boleh. Sudah saya sampaikan beberapa kali, tapi nanti lagi. Pekan ini juga,” tegas Walikota.

Ditemui terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto menjelaskan, aturan main seperti yang dimaksud Walikota akan diterjemahkan dalam bentuk peraturan walikota (Perwali). Perwali itu akan mengatur kebutuhan sekolah apa saja yang bisa dibiaya dengan sumbangan pengembangan institusi, termasuk hal-hal yang tidak bisa dibiayai dengan dana dari orang tua atau wali murid itu. Perwali ini, dikatakan Budi sebagai perubahan atas Perwali lama yang dinilai kurang rinci.

Lebih jauh, Budi menambahkan, penggunaan sumbangan pengembangan institusi akan selalu diawasi. Pengawasan, tandas dia, akan diserahkan kepada Inspektorat Daerah Solo. Hal ini, diharapkannya menjadi sarana evaluasi atas kebijakan sekolah dalam memungut dan memanfaatkan sumbangan dari orang tua atau wali murid dengan benar. “Nanti ada evaluasi. Inspektorat akan memberi pengawasan agar penggunaan dananya sesuai alias on the rigth track,” pungkas Budi.

tsa

lowongan pekerjaan
NSC FINANCE KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…