Senin, 5 Juli 2010 16:38 WIB Karanganyar Share :

Masalah Sekda memanas, Dewan gertak Bupati

Karanganyar (Espos)–DPRD Karanganyar menegaskan tak akan bermain-main dengan penolakan perpanjangan masa jabatan Kastono DS. Dewan sejauh ini masih menunggu jawaban resmi dari Bupati dan Gubernur Jateng terkait surat penolakan yang dikirim sejak pekan lalu.

“(Surat) sudah dikirim satu pekan yang lalu, bersamaan kepada Bupati dan Gubernur. Kami menunggu jawaban mereka sebelum menentukan langkah berikutnya,” ungkap Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto, ditemui wartawan di ruang kerjanya di DPRD setempat, Senin (5/7).

Sumanto menyatakan, setelah berkirim surat ke Gubernur, tidak menutup perwakilan DPRD menghadap secara langsung ke Semarang untuk menjelaskan duduk perkara penolakan perpanjangan masa jabatan Sekda Kastono. Sedangkan terhadap Bupati, orang nomor satu di jajaran legislatif ini mengatakan DPRD Karanganyar besar kemungkinan menggunakan hak-hak yang melekat di kelembagaan.

“Tunggu saja nanti bagaimana. Yang jelas kami tidak main-main. Bisa dengan hak angket dan interpelasi. Kalau tidak diindahkan, ya minimal pasti ramai,” gertaknya. Dikemukakan Politisi PDI Perjuangan (PDIP) ini, akan jauh lebih baik jika Bupati segera merespon surat penolakan Dewan terkait persoalan Sekda.

Terpisah Wakil Ketua DPRD, Rohadi Widodo, menegaskan hal serupa. Menurutnya Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) akan menyinggung kebijakan perpanjangan masa jabatan Sekda dalam Pemandangan Umum Fraksi atas Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2009, Selasa (6/7) ini. Seperti sering disampaikan, sikap Bupati mempertahankan Kastono akan menghambat kaderisasi PNS.

Terlebih menurutnya, Kastono selama ini dinilai tidak cukup mampu mengkoordinasikan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Karanganyar untuk saling bersinergi. Hal itu di antaranya berdampak pada program-program yang pelaksanaannya tidak sinkron antara SKPD satu dan yang lain.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Karanganyar Dr Rina Iriani Sri Ratnaningsih enggan menanggapi saat dikonfirmasi mengenai surat penolakan perpanjangan masa jabatan Sekda Kastono dikirimkan oleh DPRD.

Dia berulang kali menekankan sudah bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku, termasuk terkait keputusannya mempertahankan Kastono selama dua tahun mendatang sampai 2012.

try

lowongan peekrjaan
PT. Integra Karya Sentosa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…