Minggu, 4 Juli 2010 10:01 WIB News Share :

Usai melawat tiga negara, Presiden SBY tiba di tanah air

Jakarta–Setelah melawat tiga negara selama 10 hari, Presiden SBY tiba kembali di tanah air. Pesawat Garuda Airbus A 330-300 yang membawa SBY dan rombongan mendarat mulus di Bandara Halim Perdana Kusumah, Jakarta Timur pukul 08.55 WIB, Minggu (4/7).

Presiden SBY memulai lawatannya pada Kamis (24/6). Negara pertama yang dikunjungi adalah Kanada dengan tujuan kota Toronto. Di kota yang dinilai kota terindah ke-empat di dunia itu, SBY menghadiri KTT G20.

Negara kedua yang dituju adalah Turki. Ada dua kota di negara yang memiliki nilai sejarah peradaban tinggi ini, yaitu  Ankara dan Turki. Di dua kota ini, SBY melakukan kunjungan kenegaraan dan menghadiri Forum Bisnis Indonesia-Turki.

Negara terakhir yang dikunjungi SBY adalah Arab Saudi. SBY melakukan umrah di Makkah Al Mukarromah dan melakukan ibadah di Masjid Nabawi, Madinah Al Munawwaroh.

Rombongan SBY cukup gemuk. Sejumlah menteri, anggota DPR, DPD, dan beberapa rektor mengikuti lawatan ini. Saat SBY umrah, beberapa menteri, seperti Menkum HAM Patrialis Akbar, Mendiknas M Nuh, dan Menag Suryadharma Ali ikut bergabung.

Hatta wakili SBY di KTT D-8

Sementara itu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa tidak ikut pulang ke Indonesia. Hatta yang sejak awal mendampingi SBY, memisahkan diri setelah di Madinah.

Dari Arab Saudi, Hatta akan langsung terbang ke Nigeria. Hatta mewakili Presiden SBY hadir di KTT D-8 (Development Eight). KTT ini dimulai tanggal 5 hingga 7 Juli 2010.

“Saya akan didampingi Wakil Menlu. Wakil Menlu terbang dari Indonesia,” kata Hatta soal kehadirannya di KTT D-8.

Menurut Hatta, KTT D-8 merupakan forum yang strategis juga, selain KTT G20. Di KTT D-8, delapan negara berkembang akan membahas masalah peningkatan perekonomian.

“Kemarin pada waktu Turki, saya juga sudah bertemu Presiden Abdullah Gul membahas sedikit apa yang akan dibahas di KTT D-8,” kata Hatta. Turki memang merupakan partner Indonesia di KTT D-8, termasuk juga pada KTT G-20.

Selain Hatta, Menlu Marty Natalegawa juga memiliki agenda di luar negeri. Setelah mengikuti kunjungan kenegaraan ke Turki, Marty langsung terbang menuju Polandia, untuk mengikuti pertemuan forum internasional.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…