Sport
Minggu, 4 Juli 2010 - 09:35 WIB

Semua sanjung Casillas

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Johannesburg — Selain David Villa yang mencetak gol kemenangan, Spanyol harus berterima kasih kepada Iker Casillas. Sang kiper punya peran besar melapangkan jalan tim ‘Matador’ ke semifinal.

Villa adalah pencetak gol tunggal kemenangan Spanyol atas Paraguay dalam partai perempatfinal terakhir Piala Dunia 2010 di Soccer City Stadium, Johannesburg, Minggu (4/7) WIB.

Advertisement

Namun Spanyol juga beruntung punya Casillas. Kiper berjuluk ‘Santo Iker’ itulah yang menjadikan gawang Spanyol tetap perawan selama 90 menit. Setidaknya dua penyelamatan penting ia buat dalam pertandingan.

Penyelamatan pertama adalah saat ia dengan jitu menangkap (menangkap, bukan sekadar menepis) sepakan penalti Oscar Cardozo di menit 60. Yang kedua ia buat di penghujung laga saat ia menolak sepakan Roque Santa Cruz setelah sempat nyaris membuat blunder dengan tidak lengket menangkap tendangan deras Lucas Barrios.

Bila saja Casillas gagal menahan penalti dan menepis sepakan Santa Cruz, belum tentu Spanyol berhasil melangkah ke empat besar Piala Dunia pertama mereka sejak 1950 itu.

Advertisement

“Casillas luar biasa. Dia membuat dua penyelamatan mengagumkan dan dia jelas berkontribusi besar buat sukses kami,” sanjung pelatih Spanyol Vicente del Bosque di Reuters.

Tidak cuma Del Bosque yang menyanjung kipernya yang berusia 27 tahun itu. Pujian juga dilayangkan oleh arsitek Paraguay Gerardo Martino.

“Tidak diragukan lagi, dia sangat menentukan,” tukas Martino.

Advertisement

dtc/tya

Advertisement
Kata Kunci : Iker Casilas Spanyol
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif