Minggu, 4 Juli 2010 21:55 WIB Karanganyar Share :

Komisi III nilai pelaksanaan proyek sekedar asal jalan

Karanganyar (Espos)–Komisi III DPRD Karanganyar menilai pengerjaan proyek-proyek fisik di wilayah Kabupaten Karanganyar masih sekedar asal jalan. Hal itu diantaranya diindikasikan proses perencanaan yang kurang matang dan kualitas proyek belum maksimal.

Anggota Komisi III DPRD, Anwar Abdulgani, menyatakan bukti lemahnya perencanaan  misalnya terlihat pada proyek Terminal Tegalgede. Meski baru dibangun beberapa tahun ini, terminal tersebut harus mengalami rehab karena manfaat dari keberadaannya belum optimal.

“Itu salah satu contoh. Yang lain adalah pengerjaan proyek jalan. Selama ini kan umur proyek jalan rata-rata hanya mencapai dua semester, padahal kalau kualitasnya bagus tentu bisa lebih lama,” ungkapnya ditemui Espos di kompleks DPRD Karanganyar, akhir pekan lalu.

Secara terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Nunung Susanto, menjelaskan ada beberapa perubahan yang direncanakan terhadap Terminal Tegalgede. Salah satunya yaitu bangunan di tengah terminal yang digunakan sebagai lintasan keluar masuk bus dan ruang tunggu penumpang karena kurang memadai.

“Setelah proses rehab, diharapkan ruang tunggu penumpang akan menjadi lebih nyaman. Lalu dari sisi fungsi atau manfaatnya juga bisa dioptimalkan. Dengan model bangunan seperti saat sekarang kan belum menunjang, karena itu butuh perbaikan,” paparnya memberi penjelasan.

Pada bagian lain menurut Anwar Abdulgani, Komisi III akan melakukan pengawasan proyek-proyek APBD 2010 di Kabupaten Karanganyar dengan lebih maksimal. Upaya tersebut untuk meminimalisasi kemungkinan pelaksanaan kegiatan yang asal-asalan oleh rekanan.

try

lowongan pekerjaan
KLINIK BERSALIN UTAMA RB. DR. JOHAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…