Minggu, 4 Juli 2010 13:04 WIB Internasional Share :

India luncurkan bandara baru

New Delhi–Sebuah bandara internasional baru bakal diresmikan di New Delhi, India. Bandara ini akan menjadi simbol India sebagai kekuatan global yang baru pula.

Pembangunan bandara ini memakan waktu 37 bulan dan menghabiskan dana sekitar Rp 27 triliun. Diperkirakan 34 juta penumpang dapat ditampung di bandara tersebut setiap tahunnya.

Dikutip dari AFP, Sabtu (3/7), bagian dalam bandara itu dihiasi dengan kaca dan baja yang mengkilap. Kesan mewah itulah yang ditonjolkan India untuk unjuk kekuatan ke dunia internasional.

Dibangun bertepatan dengan India sebagai tuan rumah Commonwealth Games pada bulan Oktober mendatang, bandara itu mempunyai luas terminal 4 Km persegi, memiliki lebih dari 90 jalan setapak otomatis, dan 78 aerobridges. “Bandara ini menetapkan standar global baru,” kata Perdana Menteri India, Manmohan Singh.

Menurut Singh, proyek bandara itu merupakan contoh luar biasa dari kemitraan antara publik dan swasta. Model pengelolaan keuangan itu akan terus dipakai oleh India untuk proyek-proyek infrastruktur berskala besar. “Kami mempunyai bukti, skeptisisme itu tidak berlaku di negara kami,” ujar Singh.

dtc/ tiw

Lowongan Pekerjaan
QUALITY CONTROL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…