News
Minggu, 4 Juli 2010 - 13:04 WIB

India luncurkan bandara baru

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

New Delhi–Sebuah bandara internasional baru bakal diresmikan di New Delhi, India. Bandara ini akan menjadi simbol India sebagai kekuatan global yang baru pula.

Pembangunan bandara ini memakan waktu 37 bulan dan menghabiskan dana sekitar Rp 27 triliun. Diperkirakan 34 juta penumpang dapat ditampung di bandara tersebut setiap tahunnya.

Advertisement

Dikutip dari AFP, Sabtu (3/7), bagian dalam bandara itu dihiasi dengan kaca dan baja yang mengkilap. Kesan mewah itulah yang ditonjolkan India untuk unjuk kekuatan ke dunia internasional.

Dibangun bertepatan dengan India sebagai tuan rumah Commonwealth Games pada bulan Oktober mendatang, bandara itu mempunyai luas terminal 4 Km persegi, memiliki lebih dari 90 jalan setapak otomatis, dan 78 aerobridges. “Bandara ini menetapkan standar global baru,” kata Perdana Menteri India, Manmohan Singh.

Menurut Singh, proyek bandara itu merupakan contoh luar biasa dari kemitraan antara publik dan swasta. Model pengelolaan keuangan itu akan terus dipakai oleh India untuk proyek-proyek infrastruktur berskala besar. “Kami mempunyai bukti, skeptisisme itu tidak berlaku di negara kami,” ujar Singh.

Advertisement

dtc/ tiw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : India
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif