Sport
Minggu, 4 Juli 2010 - 05:23 WIB

Dramatis, langkah Spanyol ke semifinal

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Johannesburg – Spanyol berhasil melangkah ke semifinal Piala Dunia 2010. Tiket ke empat besar itu mereka raih setelah mengalahkan Paraguay dengan skor 1-0 lewat pertandingan yang dramatis.

Dramatisnya pertandingan ini bisa digambarkan dari dianulirnya gol Paraguay, terjadinya dua penalti yang semuanya gagal dieksekusi, hingga gol kemenangan Spanyol di penghujung laga.

Advertisement

Gol tunggal Spanyol yang memastikan kemenangan dalam laga yang digelar di Soccer City Stadium, Johannesburg, Minggu (4/7) dinihari WIB ini, dicetak oleh David Villa di menit 82.

Di semifinal, Spanyol akan menghadapi Jerman yang sebelumnya meluluhlantakkan Argentina dengan skor 4-0.

Advertisement

Di semifinal, Spanyol akan menghadapi Jerman yang sebelumnya meluluhlantakkan Argentina dengan skor 4-0.

Jalannya pertandingan
Pertandingan baru berjalan semenit, Paraguay langsung menghentak. Sebuah tendangan Jonathan Santana dari luar kotak penalti jatuh tepat di pelukan kiper Iker Casillas.

Spanyol masih tertekan di awal. Di menit ketujuh, Casillas nyaris membuat blunder tatkala bola yang ia sapu membentur kaki Nelson Valdez. Casillas beruntung karena gawangnya tidak jebol.

Advertisement

Lima menit menjelang babak pertama berakhir, Paraguay berhasil menjebol gawang lewat Valdez. Namun gol tidak diakui oleh wasit karena ada Oscar Cardozo yang sudah terlebih dahulu offside.

Keputusan wasit ini layak diperdebatkan karena sesungguhnya Cardozo dalam posisi pasif sehingga bisa dianggap onside.

Valdez kembali mengancam di menit terakhir babak pertama. Setelah mengecoh Carlos Puyol, Valdez melepaskan tendangan ke arah gawang Spanyol tapi arahnya melambung.

Advertisement

Sepuluh menit babak kedua berjalan, Spanyol melakukan pergantian pemain. Fernando Torres yang mengecewakan ditarik keluar untuk digantikan oleh Cesc Fabregas.

Pertandingan mulai seru ketika di menit 56 Paraguay mendapatkan penalti karena Cardozo ditarik sampai jatuh oleh Gerard Pique. Namun penalti yang diambil oleh Cardozo bisa ditangkap dengan sempurna oleh Casillas.

Cuma berselang dua menit, giliran Spanyol yang memetik penalti akibat dijatuhkannya Villa oleh Antolin Alcaraz. Xabi Alonso berhasil mencetak gol, tapi wasit meminta diulang karena ada pemain Spanyol masuk ke kotak penalti.

Advertisement

Di eksekusi ulangan, Alonso gagal! Tendangannya dapat ditepis oleh kiper Paraguay Justo Villar dan bola muntah gagal dimaksimalkan oleh para pemain Spanyol jadi gol.

Menit 71, Spanyol mendapat peluang untuk mencetak gol lewat bola mati. Namun eksekusi Xavi gagal berbuah gol karena sepakannya melenceng tipis dari gawang Villar.

Gol kemenangan Spanyol akhirnya hadir di menit 82. Gol ini berawal dari gerakan eksplosif Andres Iniesta di depan kotak penalti. Bola lantas ia sodorkan kepada Pedro Rodriguez yang bergerak di kanan. Pedro menendang, tapi bola membentur tiang gawang Paraguay.

Bola mental kemudian jatuh di kaki Villa. Dua kali mengontrol, Villa menyepak. Bola sempat membentur tiang kiri gawang Paraguay, memantul ke tiang kanan dan baru berbuah gol.

Paraguay yang begitu bernafsu membalas nyaris menyamakan skor di menit 88. Satu tendangan Lucas Barrios gagal ditangkap dengan sempurna oleh Casillas. Bola mental disambar oleh Santa Cruz, tapi kaki Casillas menolaknya keluar lapangan.

Dua menit kemudian, Villa nyaris menggandakan keunggulan Spanyol. Namun sepakan kaki kiri penyerang yang akan bergabung dengan Barcelona itu masih bisa ditahan oleh Villar.

Di sisa waktu yang ada, tidak ada gol tambahan tercipta dan Spanyol pun melenggang ke semifinal dengan keunggulan 1-0 saja.

Susunan Pemain
Spanyol: Casillas; Ramos, Pique, Puyol (Marchena 84), Capdevila; Xavi, Busquets, Alonso (Pedro 75); Iniesta, Torres (Fabregas 56), Villa

Paraguay: Villar; Veron, Da Silva, Alcaraz, Morel; Barreto (Vera 64), Riveros, Caceres (Lucas 84), Santana; Cardozo, Valdez (Santa Cruz 72)

dtc/tya

Advertisement
Kata Kunci : Paial Dunia Spanyol
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif