Soloraya
Sabtu, 3 Juli 2010 - 18:19 WIB

Tim gabungan bakal gelar operasi elpiji

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sragen (Espos)–Tim gabungan Dinas Perdagangan dan Perpajakan Daerah (DP2D), Dinas Perindustrian Koperasi UMKM (Disperinkop UMKM), Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) dan Satuan Polisi Pemong Praja (Satpol PP) bakal melakukan operasi penertiban distribusi elpiji ke sejumlah pangkalan dan agen di Bumi Sukowati, Selasa (6/7) besok.

Operasi dilakukan menyusul banyaknya keluhan masyarakat tentang isi tabung elpiji yang tidak sesuai kapasitas, banyaknya penggunaan tabung gas, selang dan regulator yang belum berstandar SNI. Kepala DP2D Sragen, Parsono saat ditemui Espos, Sabtu (3/7), mengungkapkan, rencana operasi gabungan dirapatkan pada Senin (5/7) dengan melibatkan sejumlah instansi terkait. Menurut dia, operasi kali pertama bakal mendatangani stasiun pengisien bahan energi (SPBE) Sambungmacan dan dilanjutkan ke sejumlah agen dan pangkalan.

Advertisement

“Kami tidak hanya sekedar operasi kapasitas tabung elpiji, tetapi juga mengecek standar penggunaan tabung gas, selang dan regulator yang sudah ber-SNI atau belum. Selain itu kami juga akan mengecek harga eceran di pangkalan dan agen. Yang jelas harga tertinggi elpiji ukuran tiga kilogram senilai Rp 12.750/buah. Jika melebihi harga tersebut, ya bakal kami laporkan ke PT Pertamina,” tukas Parsono.

Parsono juga menerima keluhan masyarakat tentang harga elpiji tiga kilogram yang mencapai Rp 13.000/buah. Dia mengatakan, apa pun pelanggaran dalam operasi gabungan itu bakal disampaikan ke PT Pertamina.

“Kami akan mengundang PT Pertaminan untuk melakukan sosialisasi tentang penggunaan tabung gas, selang dan regulator ber-SNI. Sekaligus sosialisasi tentang harga eceran tertinggi (HET) elpiji. Sosialisasi dibarengkan dengan momentum sepeda santai Minggu (4/7),” imbuhnya seraya menyebut kuota elpiji di Sragen sebanyak 8.045 tabung per hari.

Advertisement

trh

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif