Sabtu, 3 Juli 2010 19:26 WIB News Share :

Presiden sebaiknya serahkan 2 Nama calon Kapolri

Jakarta–Tidak lama lagi, Kapolri Jend Pol Bambang Hendarso Danuri akan memasuki masa pensiun. Presiden sebaiknya diminta untuk menyerahkan dua nama calon Kapolri yang baru kepada DPR.

Menurut Wakil Koordinator ICW Emerson Yuntho, gagasan ini guna mendukung semangat demokrasi. Jika nama yang diajukan Presiden hanya 1 orang saja, suka tidak suka, DPR terpaksa memilih nama itu.

“Yang masuk, harus lebih dari satu orang, dua minimal,” ungkap Emerson usai diskusi di Warung Daun, Jakarta Pusat, Sabtu (3/7/2010).

Konsep ini, menurut Emerson, sama dengan konsep Pilkada. Masyarakat jadi dapat memilih calon terbaik dari yang ada.

Soal penggondokan nama-nama calon Kapolri, menurut Emerson, harus, Kompolnas harus membuka seluas-luas akses kepada publik untuk memberi masukan. Hasil masukan masyarakat ini, nantinya akan menjadi bahan pertimbangan pemilihan nama yang segera diserahkan ke Presiden.

“Momentum ini bisa digunakan  terbuka bagi kompolnas untuk membuka ruang bagi masyarakat,” pungkasnya.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Marketing dan Surveyor, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…