Sabtu, 3 Juli 2010 15:28 WIB Hukum Share :

Polisi lebih reaktif jika tangani kasus eksternal

Jakarta–ICW menilai Polri akan sangat reaktif jika menangani kasus yang bukan berhubungan dengan institusinya. Namun jika itu berkaitan dengan masalah internal, Polri justru akan terkesan menutup-nutupi.

“Polri akan reaktif saat tangani kasus eksternal,” kata Wakil Koordinator ICW Emerson Yuntho dalam diskusi ‘Polisiku Ulang Tahun’ di Warung Daun, Jl Cikini Raya. Jakarta Pusat, Sabtu (3/7).

Sebagai contoh, bagaimana sikap Polri seperti kebakaran jenggot saat Susno Duadji membongkar kasus makelar pajak. Atau bagaimana dengan kasus Alkojarkom yang seperti hilang ditelan bumi.

Contoh lain adalah soal pemberitaan majalah Tempo mengenai rekening gemuk petinggi Polri. Dibanding mengusut tuntas, Polri justru lebih nyaman mencari tahu penyebar informasi serta mempermasalahkan mengenai cover majalah itu.

“Bukannya mengungkap tapi justru mencari siapa yang beri informasi,” tegas Emerson.

Menurut ICW, leadership yang tangguh di tubuh Polri mutlak dibutuhkan. Jika ada dugaan pelanggaran, Polri juga harus berani mempidana anggotanya.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…