Sabtu, 3 Juli 2010 12:01 WIB Hukum Share :

Perilaku polisi di jalanan cerminkan arogansi

Jakarta--Anda pasti pernah mendengar raungan sirene atau lampu milik mobil polisi saat melaju di jalanan. Terkadang perilaku polisi yang seenaknya membunyikan sirine atau lampu justru semakin menunjukan tingkat arogansi mereka.

“Itu nyebelin banget, mereka (polisi) jadi semakin terlihat arogansinya,” kata budayawan, Sujiwo Tejo dalam diskusi ‘Polisiku Ulang Tahun’ di Warung Daun, Jl Cikini Raya. Jakarta Pusat, Sabtu (3/7).

Menurut Sujiwo, raungan sirine mobil polisi dianalogikan seperti suara babi. Tidak jarang ia sering terkejut saat mobil tersebut melaju kencang di jalanan.

Setali tiga uang dengan lampu sirine. Warna biru mencolok itu (lampunya), lanjut Sujiwo, sangat menganggu mata.

“Kalau di dalam seni, warna biru itu bisa bikin sakit mata, kenapa tidak diganti dengan warna hijau yang terkesan lembut,” paparnya.

Sujiwo menyarankan, meski ketentuan warna dan raungan itu sudah menjadi konvensi internasional, bukan tidak mungkin Polri dapat mengubahnya.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
KLINIK BERSALIN UTAMA RB. DR. JOHAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…