Sabtu, 3 Juli 2010 19:58 WIB Wonogiri Share :

Hewan kera dan tikus rusak tanaman rakyat

Wonogiri (Espos)–Petani di Kecamatan Eromoko saat ini disibukkan dengan serangan hama tikus dan kera. Dua hewan itu merusak tanaman petani di Dusun Ngargosari, Desa Tempurharjo, Kecamatan Eromoko. Akibatnya, panen petani turun 75% dibanding musim panen sebelumnya.

Hewan tikus dan kera yang turun gunung itu selain memangsa tanaman padi, juga tanaman kacang tanah dan ketela pohon. Kondisi itu dikemukakan salah seorang warga Eromoko, Bambang, Sabtu (3/7).

Bambang yang mengaku memiliki lahan sawah dua kedok (petak) menjelaskan, tanaman padi miliknya akibat serangan tikus dan kera tidak tersisa. “Ada puluhan hektare yang terserang dan hasil panen hanya 25%. Hama tikus tidak hanya padi, tetapi juga kacang tanah dan ketela pohon,” ujarnya.

Dia tidak menyebutkan secara pasti berapa puluh hektare lahan yang diserang dua hewan itu. Dia mengaku petani telah berupaya membasmi tikus dengan cara memberikan umpan. “Tetapi tikus-tikus itu tidak mau memakan umpan yang telah dicampur dengan racun tikus.”

Pada bagian lain, Bambang juga mengatakan serangan kera menjadi ancaman petani karena saat turun jumlah kera mencapai ribuan.

tus

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…