Soloraya
Sabtu, 3 Juli 2010 - 19:58 WIB

Hewan kera dan tikus rusak tanaman rakyat

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Petani di Kecamatan Eromoko saat ini disibukkan dengan serangan hama tikus dan kera. Dua hewan itu merusak tanaman petani di Dusun Ngargosari, Desa Tempurharjo, Kecamatan Eromoko. Akibatnya, panen petani turun 75% dibanding musim panen sebelumnya.

Hewan tikus dan kera yang turun gunung itu selain memangsa tanaman padi, juga tanaman kacang tanah dan ketela pohon. Kondisi itu dikemukakan salah seorang warga Eromoko, Bambang, Sabtu (3/7).

Advertisement

Bambang yang mengaku memiliki lahan sawah dua kedok (petak) menjelaskan, tanaman padi miliknya akibat serangan tikus dan kera tidak tersisa. “Ada puluhan hektare yang terserang dan hasil panen hanya 25%. Hama tikus tidak hanya padi, tetapi juga kacang tanah dan ketela pohon,” ujarnya.

Dia tidak menyebutkan secara pasti berapa puluh hektare lahan yang diserang dua hewan itu. Dia mengaku petani telah berupaya membasmi tikus dengan cara memberikan umpan. “Tetapi tikus-tikus itu tidak mau memakan umpan yang telah dicampur dengan racun tikus.”

Pada bagian lain, Bambang juga mengatakan serangan kera menjadi ancaman petani karena saat turun jumlah kera mencapai ribuan.

tus

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif